4 Macam-Macam Norma dan Contohnya + Sanksinya (Lengkap)

4 Macam-Macam Norma dan Contohnya + Sanksinya (Lengkap)

Posted on 76 views


Didalam kehidupan sehari-hari kita pasti tidak terlepas dari norma-norma. Karena norma-norma tersebut akan membuat kita menjadi seseorang yang dapat diterima dilingkungan tertentu.

Di setiap negara memiliki norma-normanya tersendiri. Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan norma ? Pengertian dari Norma yaitu  merupakan suatu ketentuan yang dapat mengatur perilaku manusia di dalam kehidupan bermasyarakat.

Norma-norma didalam kehidupan bermasyarakat juga memiliki beberapa macam. Dan norma yang ada di Indonesia yaitu seperti norma kesopanan, norma susila, norma hukum, dan norma agama. Dan pada artikel ini akan menjelaskan apa saja macam-macam norma yang ada di Indonesia. Berikut penjelasannya.

Macam-Macam Norma dan Contohnya

Kesatuan dapat mengikat semua orang didalam sebuah lingkungan, hal itu berarti setiap manusia yang berada di area tersebut aruslah menaati norma yang sudah berlaku. Dan dibalik dari ketentuan tersebut, ada nilai yang menjadi sautu landasan tingkah laku manusianya.

Dimana norma adalah suatu unsur luar dari sebuah ketentuan yang dapat mengatur tingkah laku etiap manusia didalam masyarakat, sedangkan nilai adalah suatu untuk yang didalamnya maupun unsur kejiwaan dibalik dari ketentuan yang dapat mengatur tingkah laku tersebut.

Berikut adalah penjelasan mengenai berbagai macam norma yang ada di Indonesia beserta dengan contoh-contohnya :

1. Norma Kesopanan

Macam-Macam Norma Kesopanan

Norma kesopanan merupakan suatu ketentuan hidup yang datangny dari pergaulan masyarakatnya. Norma tersebut juga berdasarkan oleh berbagai hal yang diantaranya yakni kepatutan, kebiasaan, kepantasan yang juga berlaku didalam masyarakat.

Norma kesopanan juga seringdisebut dengan norma tata krama, norma sopan santun, dan norma adat istiadat. Norma sopan santung yang aktual dan juga khas akan berbeda diantara lingkungan masyarakat satu dengan masyarakat yang lainnya.

Contoh dari norma kesopanan yaitu :

  1. Ketika akan brangkat ke sekolah, maka seorang anak harus berpamitan terlebih dahulu kepada orang tuanya.
  2. Ketika bertemu dengan guru diluar kelas, hendaknya menyapa dengan kata yang sopan.
  3. Seseorang yang lebih muda harus menghormati orang yang usianya lebih tua.
  4. Ketika sedang belajar di sekolah, maka hendaknya harus memakai pakaian yang rapi dan juga pantas.

2. Norma Susila

Macam-Macam Norma Kesusilaan

Norma susila merupakan suatu peraturan hidup yang berasal dari hati nurani setiap manusia. Norma tersebut juga dapat menentukan yang mana yang baik dan yang buruk. Norma susila akan terus mendorong setiap manusia untuk melakukan perbuatan baik dan juga mencegah manusia untuk melakukan suatu perbuatan yang buruk dikarenakan telah bertentangan dengan hati nurani manusia pada normalnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari norma susila :

  • Harus menghormati sesama
  • Bersikap dengan jujur
  • Tidak boleh mencuri barang yang dimiliki oleh orang lain
  • Tidak boleh membunuh sesama umat manusia

3. Norma Hukum

hukum

Norma hukum merupakan suatu ketentuan yang sengaja dibuat oleh para pejabat yang memiliki kewenangan, norma ini juga mempunyai sifat memaksa yang bertujuan untuk dapat melindungi kepentingan rakyat atau manusia yang ada didalam pergaulan hidup di tengah masyarakat. Tidak hanya itu, norma hukum ini juga dapat mengatur tata tertib dari kehidupan yang bermasyarakat.

Contoh-contoh dari norma hukum yang ada yaitu, sebagai berikut :

  • Pada Pasal 362 KUHP yang berisi barang siapa yang sudah mengambil suatu barang yang seluruh mauupun sebagiannya dimiliki oleh orang lain dengan tujuan atau maksud untuk dimiliki dan secara melawan hukum dapat akan diancam karena melakukan tindakan pencurian dengan pidana penjara maksimal 5 tahun atau dapat didenda paling banyak yaitu sebesar enam puluh juta rupiah.
  • Pada Pasal 40 ayat (1) UU No 15 Th 2002 yang berisi tiap orang yang sudah melaporkan kejadian dugaan dari tindak pidana yaitu pencucian uang, maka wajib diberikan perlindungan yang khusus oleh negara dari semua kemungkinan ancaman yang dapat membahayakan diri, jiwa maupun hartanya, dan termasuk juga keluarganya.

Norma hukum yang ada di Indonesia jumlahnya juga sangat banyak. Tetapi pada artikel ini hanya diberikan 2 contoh saja. Untuk selebihnya, Anda dapat melihatnya di google.

4. Norma Agama

Macam-Macam Norma Hukum

Norma agama merupakan suatu ketentuan didalam hidup yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Dan isinya berbentuk suatu ajaran, perintah-perintah hingga laranga. Norma agama ini juga bersumber dari wahyu Tuhan dan juga memiliki suatu nilai yang fundamental yang dapat mewarnai segala macam norma yang lainnya, contohnya yaitu seperti norma susila, norma hukum dan juga norma kesopanan.

Contoh-contoh dari norma agam yaitu seperti berikut ini :

  • Kita harus menghormati orang tua kita, yakni ayah dan ibu kita
  • Dilarang untuk membunuh sesama manusia
  • Dilarang untuk berbuat asusila
  • Dilarang untuk merampok harta milik orang lain

Sanksi Pelanggar Norma

Norma-norma yang ada dikehidupan ini dibuat untuk dapat ditaati oleh setiap manusia yang berada di kelompok masyarakat. Tetapi, pasti ada saja orang-orang yang masih melanggar norma tersebut. Dan berikut adalah beberapa sanksi yang didapat oleh para pelanggar norma :

1. Sanksi Pelanggar Norma Kesopanan

Sanksi yang bisa didapat apabila seseorang melanggar norma sopan santun tersebut ialah dapat berupa celaan dari sesamanya, celaan itu umumnya berbentuk kata-kata, pandangan rendah dari orang disekelilingnya, sikap kebencian, hingga dijauhi dari pergaulan. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa malu, hina, dikucilkan dan akan mengakibatkan penderitaan batin.

2. Sanksi Pelanggar Norma Susila

Orang-orang yang telah melanggar norma susila pada umumnya akan timbul didalam dirinya sebuah rasa bersalah. Dikarenakan masyarakat akan menyindir, menegur, mengasingkan sampai menghukumnya. Hukuman tersebut diberikan ketika tindakannya yang tidak manusiawi yang sudah dilakukannya masuk kedalam suatu perbuatan pelanggaran hukum.

3. Sanksi Pelanggar Norma Hukum

Sanksi yang akan diberikan dari norma hukum ini memiliki sifat yang nyata dan juga tegas. Hal tersebut dikatakan tegas karena sanksi dari segala aturan yang telah dilanggar tersebut sudah dibuat didalam suatu peraturan perundang-undangan.

4. Sanksi Pelanggar Norma Agama

Norma agama ini akan memberikan sanksi yang sedikit longgar didunia. Hal tersebut dikarenakan otoritas yang paling tinggi untuk memberikan sanksi yaitu berada ditangan Tuhan yang Maha Esa. Umumnya, orang yang suci mempunyai otoritas yang menjadi pengingat maupun penyampai dari kebenaran saja, namun tidak menjadi penghukum. Sehingga, peringatan dari seorang pemimpin agama menjadi suatu sanksi yang paling sering diberikan.

Walaupun sanksi tersebut longgar, tetapi pelanggar norma tersebut akan terus tetap terkena suatu sanksi sosial, apalagi jika berada di masyarakat yang religius. Orang-orang tersebut cenderung akan dapat mempersepsikan bahwasanya pelanggar norma tersebut umannya akan lemah maupun pengetahuan mengenai ilmu keagamaannya juga masih kurang.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai macam-macam norma beserta contohnya dan juga sanksi pelanggar norma. Dengan adanya norma-norma tersebut, diharapkan Indonesia akan semakin baik dan maju untuk ke depannya. Norma tersebut akan membatasi setiap orang untuk berbuat kebaikan dan tidak merugikan pihak manapun. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *