15 Contoh Kuesioner Terbuka, Tertutup, Kepuasan Pelanggan Dll

15 Contoh Kuesioner Terbuka, Tertutup, Kepuasan Pelanggan Dll

Posted on 78 views


Pernahkah Anda mengisi kuesioner ? Atau apakah Anda pernah membuat kuesioner ? Kuesioner biasanya merupakan kumpulan pertanyaan maupun pilihan yang dapat diisi oleh orang yang memiliki pendapat tentang kuesioner yang di ajukan.

Kuesioner yang diajukan berbagai macam jenis dan juga keguanaannya. Sama dengan wawancara, bedanya kuesioner berupa kertas yang berisikan pertanyaan-pertanyaan dan juga pilihan yang harus disi oleh responden.

Nah, pada artikel ini akan membahas mengenai kuesioner yang palng sering digunakan oleh orang-orang untuk berbagai keperluan. Berikut 15 contoh kuesioner yang biasa digunakan.

Kumpulan Contoh Kuesioner

Kumpulan Contoh Kuesioner

Kuesioner merupakan sebuah teknik pengumpulan berbagai informasi yang dapat dianalisis dan bisa mempelajari keyakinan, sikap-sikap, perilaku mauun karakteristik  dari beberapa orang yang ada didalam organisasi dan bisa terpengaru oleh suatu system yang akan diajukan maupun oleh system yang sudah tersedia sebelumnya. Berikut contoh dari kuesioner yang sering diajukan.

1. Contoh Kuesioner Terbuka

Kuesioner terbuka merupakan suatu kuesioner yang membebaskan respondennya untuk bisa menjawab dan tak ditentukan pilihan dari jawabannya. Berikut contoh dari kuesioner terbuka.

  • Menurut Anda, bagaimana peranan BPJS didalam kehidupan masyarakat sehari-hari ?
  • Menurut Anda, apakah BPJS sangat membantu masyarakat dlaam mengatasi biaya rumah sakit yang ditanggung ?
  • Menurut Anda, apakah metode pembelajaran visual baik untuk pelajar ?
  • Menurut Anda, apakah anak yang aktif bermain game online dapat kehilangan fokusnya terhadap belajar ?
  • Menurut Anda, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi wabah malaria ?

2. Contoh Kuesioner Tertutup

Kuesioner tertutup merupakan kuesioner yang tak memberi kesempatan respondennya untuk menjawab, karena jawaban pertanyaan dari kuesioner tersebut sudah disediakan oleh peneliti. Berikut contoh dari kuesioner tertutup.

Apakah buku yang tersedia didalam perpustakaan cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar Anda ?

Jawaban :

Ya ()

Tidak ()

Apakah metode pembelajaran visual baik untuk para pelajar ?

Ya ()

Tidak ()

3. Contoh Kuesioner Skripsi

kuesioner

Dalam melakukan penelitian untuk bahan skripsi, kita dapat melakukannya dengan cara menyebarkan kuesioner. Hal tersebut dapat membantu kita menemukan solusi maupun keputusan dalam penelitian kita. Contoh dari kuesioner skripsi harus dibuat dengan baik dan juga rapi. Anda dapat mengikuti contoh kuesioner pada gambar kuesioner diatas.

4. Contoh Kuesioner Pendidikan

Contoh Kuesioner Pendidikan

Kuesioner pendidikan merupakan kuesioner yang isinya merupakan pertanyaan maupun pilihan mengenai pendidikan. Hal ini dapat diisi oleh responden mengenai pendapat mereka mengenai topik pendidikan yang akan diajukan.

5. Contoh Kuesioner Online Form/ Google Form

Contoh Kuesioner Online Form/ Google Form

Dizaman serba digital seperti sekarang ini, Anda bisa mengajukan kuesioner dengan menggunakan online form atau yang biasa dikenal dengan google form. Anda dapat menggunakan teknologi ini dengan cara menyebarkan link dari kuesioner google form tersebut ke banyak orang. Dan berikut ini adalah contoh dari kuesioner google form.

6. Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan

kuesioner

Kuesioner kepuasan pelanggan sering kita jumpai di minimarket maupun diselebaran yang sering disebarkan oleh restoran, rumah sakit maupun yang lainnya. Berikut adalah contoh dari kuesioner kepuasan pelanggan.

Apakah pelayanan pada restoran ini memuaskan ?

Ya ()

Tidak ()

Jika tidak, maka Anda dapat menyertakan alasannya ….

7. Contoh Kuesioner Kinerja Karyawan

kuesioner

Kuesioner kinerja karyawan dapat diajukan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Dan kuesioner ini ditujukan kepada orang lain yang merasakan pelayanan dari karyawan pada suatu perusahaan. Diatas merupakan contoh dari kuesioner untuk kinerja karyawan.

8. Contoh Kuesioner Penelitian Kuantitatif

kuesioner

Kuesioner penelitian kuantitatif merupakan kuesioner yang sering dipaparkan didalam penelitian. Nah, penelitian kuantitatif merupakan sebuah proses yang dapat menemukan suatu pengetahuan yang juga menggunakan dara berbentuk angka yang menjadi suatu alat untuk menganalisis keterangan tentang apa yang ingin diketahui. Diatas merupakan contoh dari kuesioner penelitian kuantitatif.

9. Contoh Kuesioner Penelitian Kualitatif

kuesioner

Metode suatu penelitian kualitatif adalah suatu metode yang terbilang baru. Hal tersebut dikarenakan popularitasnya belum lama. Dna metode ini dinamakan juga dengan postpositivistik dikarenakan berdasarkan kepada filsafat postpositifisme, dan juga menjadi suatu metode artistic. Hal tersebut dikarenakan proses dari penelitian lebih memiliki sifat seni, dan sering disebut dengan metode interpretive. Diatas merupakan salah satu contoh kuesioner penelitian kualitatif.

10. Contoh Kuesioner Penelitian Skala Likert

kuesioner

Kuesioner penelitian skala likert ini digunakan untuk dapat mengukur sikap pendapat dan juga persepsi sekelompok maupun seseorang mengenai suatu fenomena sosial. Diatas merupakan contoh dari kuesioner penelitian skala likert. Dapat Anda lihat pada contoh kuesioner skala likert diatas, mereka menggunakan tingkat persetujuan dari setiap respondennya, yang dibuat menjadi beberapa pilihan.

11. Contoh Kuesioner pemasaran/promosi

kuesioner

Untuk pemasaran maupun promosi sangat diperlukannya kuesioner, karena kuesioner dapat menjadi suatu alat evaluasi dari promosi maupun pemasaran sebuah produk. Diatas merupakan salah satu contoh kuesioner pemasaran atau promosi.

Anda dapat menanyakan para konsumen yang menikmati produk Anda, apakah mereka merasa terbantu dengan produk yang Anda berikan atau tidak. Untuk mempermudah penilaian pada kuesioner tersebut, Anda dapat membuat kuesioner dengan model skala likert seperti gambar diatas.

12. Contoh Kuesioner Kualitas Produk

kuesioner

Untuk sebuah produk juga dibutuhkan suatu kuesioner, karena kita dapat menilai kualitas dari produk tersebut melalui responden yang menikmati produk tersebut. Diatas merupakan contoh dari kuesioner kualitas produk. Kuesioner untuk menilai kualitas produk ini dapat Anda buat menggunakan kuesioner model terbuka maupun skala likert. Koesioner model terbuka dapat Anda gunakan untuk meminta saran apa yang terbaik untuk produk Anda kepada para konsumen.

13. Contoh Kuesioner Motivasi Kerja

kuesioner

Motivasi kerja sangat diperlukan oleh para karyawan, karena dengan begitu mereka akan melakukan pekerjaannya dengan baik. Dan diatas merupakan kuesioner mengenai motivasi kerja. Dapat Anda lihat seperti contoh kuesioner diatas, Anda dapat memberikan pertanyaan kepada para responden mengenai apa yang menjadi motivasi mereka dalam bekerja selama ini.

14. Contoh Kuesioner Gaya Kepemimpinan

kuesioner

Gaya kepemimpinan seseorang juga dapat mempengaruhi bawahannya, karena dengan begitu mereka dapat mengatur dan juga memimpin bawahannya dengan baik. Nah, diatas merupakan kuesioner mengenai gaya kepemimpinan.

Anda dapat menanyakan kepada para responden, gaya kepemimpinan seperti apa yang mereka harapkan dan dapat menjadikan suatu perusahaan dapat berkembang dan juga maju. Karena gaya kepemimpinan seorang pemimpin merupakan pondasi awal dari terbentuknya suatu perusahaan.

15. Contoh Kuesioner Kesehatan

kuesioner

Kesehatan merupakan suatu hal yang penting bagi hidup kita. Karena tanpa kesehatan kita tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Kuesioner kesehatan juga sering diajukan oleh rumah sakit untuk pasiennya. Dan diatas merupakan contoh dari kuesioner kesehatan.

Demikianlah artikel yang menjelaskan mengenai macam-macam dari kuesioner yang sering digunakan oleh orang-orang untuk meminta suatu pendapat maupun pandangan sekelompok orang mengenai sesuatu yang akan direncanakan untuk ke depannya.

Kemudian hasil dari kuesioner tersebut dapat dianalisa dan kemudian dijadikan suatu kesimpulan, hal apa yang terbaik untuk diputuskan dan apakah sistem yang akan diajukan tersebut dapat diterima dikalangan responden atau tidak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat dijadikan suatu referensi.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *