(100% Work) 3 Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul

(100% Work) 3 Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul

Posted on 74 views


Rata-rata film berbahasa asing yang didistribusikan secara internasional sudah dilengkapi dengan subtitle. Sebagian diantaranya disertakan di dalam film sebagai closed subtitle, sedangkan sisanya sebagai open subtitle. Subtitle juga bisa dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu subtitle internal dan eksternal. Selain itu, masih ada pengkategorian lainnya, yakni hard subtitle dan soft subtitle.

Anda tidak perlu bingung dengan istilah-istilah teknis tersebut karena secara garis besar subtitle terbagi menjadi subtitle yang tidak bisa disembunyikan dan subtitle yang bisa disembunyikan.

Jenis subtitle yang pertama akan selalu muncul pada film sekalipun anda menonaktifkan fitur subtitle di dalam video player. Jika anda ingin menggunakan subtitle lain, sebaiknya hapus dulu subtitle yang sudah ada di dalam film supaya keduanya tidak muncul secara bersamaan. Subtitle tersebut bisa anda hapus dengan cara cropping jika anda tidak membutuhkannya.

Sedangkan untuk subtitle yang bisa disembunyikan, anda bebas untuk menyembunyikan atau menampilkannya kapanpun juga. Video player populer seperti Media Player Classic Black Edition (MPC-BE) dan PotPlayer memiliki keyboard shortcut yang dikhususkan untuk keperluan tersebut. Subtitle yang masuk dalam kategori closed subtitle ini juga bisa dihapus dan diganti dengan subtitle lain dengan cara yang sama persis seperti cara menghapus file dan memindahkan file.

Akan tetapi, dibalik kemudahannya, justru closed subtitle inilah yang paling sering menimbulkan masalah. Salah satunya yaitu masalah subtitle yang tidak muncul. Terkadang masalahnya ada pada subtitle itu sendiri, tapi sebagian besar disebabkan oleh pengguna yang masih belum familiar dengan video player yang digunakannya atau karena pengguna masih belum mengetahui cara menampilkan subtitle.

Cara Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul

Sebagai contoh, masih ada sejumlah pengguna yang mengira subtitle sudah langsung tersedia di dalam film sehingga hanya perlu diaktifkan saja, padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu. Terkadang subtitle perlu diunduh terlebih dahulu dari situs penyedia subtitle, lalu subtitle dan film dipindahkan ke dalam satu folder.

1. Pastikan Nama Subtitle dan Nama Video Sama

1. Pertama-tama klik kanan video / film kemudian pilih Rename. Selah itu copy nama video / film tersebut.

cara mengatasi subtitle tidak muncul

2. Setelah itu klik kanan juga file subtitle kemudian pilih Rename dan paste sehingga nanti namanya sama dengan video / filmnya.

Rename Film 2

3. Jadi nanti seperti ini, baik nama video dan subtitlenya sama. Abaikan kata .mp4 dan .srt itu hanya format file bukan termasuk nama file. Ketika anda putar videonya, secara otomatis subtitle akan terbaca.

Rename Film 3

2. Masukkan Subtitle Secara Manual

A. Media Player Classic

1. Buka Media Player Classic kemudian pilih File > Subtitles kemudian pilih Load Subtitles.

MPC - Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul 1

2. Selanjutnya pilih subtitle yang anda ingin masukkan.

cara mengatasi subtitle tidak muncul di vlc

3. Dan subtitle pun akan terbaca di video.

MPC - Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul 3

B. VLC Media Player

1. Jika anda menggunakan VLC Media Player maka cukup klik kanan videonya (waktu diputar) kemudian pilih Subtitle > Add Subtitle File.

cara mengatasi subtitle yang tidak muncul

2. Pilih subtitle yang anda inginkan kemudian pilih Open.

VLC - Mengatasi Subtitle Video Tidak Muncul 2

3. Menggunakan Media Player yang Lain

Jika kedua cara diatas tidak juga menyelesaikan masalah anda. Bisa jadi file subtitle yang anda gunakan memiliki format yang tidak didukung oleh media player tersebut. Kebanyakan format subtitle adalah .srt. Namun jika anda sudah yakin bahwa file subtitle sudah benar maka anda bisa menggunakan media player lain seperti 5Kplayer, SMPlayer atau yang lainnya.

Demikianlah cara mengatasi subtitle yang tidak muncul. Langkah-langkahnya sangat mudah dan bisa diikuti oleh semua orang tanpa harus memahami hal-hal teknis yang rumit. Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah kualitas subtitle itu sendiri. Pasalnya, banyak subtitle yang tersedia di internet bukan merupakan subtitle resmi, melainkan subtitle yang dibuat oleh para sukarelawan.

Sedangkan untuk membuat subtitle yang baik, yang dituntut bukan hanya kemampuan penerjemahan yang mumpuni, tapi juga kemampuan dalam merangkai kata yang sependek mungkin tapi tanpa menyimpang dari maknanya. Pemendekan kalimat ini sangat penting karena kalimat yang panjang justru akan mengganggu tampilan film itu sendiri. Subtitle itu penting, tapi anda pasti juga tidak ingin menonton film yang subtitle-nya terlalu memenuhi layar.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *