(100% Berhasil) Cara Menghapus Product Key di Windows 10

(100% Berhasil) Cara Menghapus Product Key di Windows 10

Posted on 122 views


Apa itu Product Key? Bagaimana cara menghapus Product Key di Windows 10? Berbicara tentang sistem operasi Windows yang tidak resmi alias bajakan, pikiran kita pasti terbayang tentang product key atau serial number.

Serial number inilah yang mempunyai peranan sangat penting untuk membuat sistem operasi anda tidak sampai expired yang mana biasanya berpengaruh terhadap program yang ada di dalamnya. Sementara itu, sistem operasi Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Ada banyak kelebihan yang bisa kita peroleh ketika menggunakan Windows. Salah satunya, Windows memiliki tampilan yang bagus, menarik, dan tidak mudah membuat anda bosan. Jika anda bosan, anda bisa menggantinya dengan tema atau tampilan lain sesuai dengan keinginan anda. Kemudian untuk keamanannya pun juga sudah kuat karena sudah dibekali dengan Windows Firewall maupun Windows Defender.

Apa itu Product Key?

Product key atau biasa dinamakan sebagai serial number merupakan kumpulan digit angka yang jumlahnya kurang lebih 25 digit. Deretan angka ini nanti digunakan untuk melakukan aktivitas Windows. Jika sistem operasi Windows tidak diaktivasi, maka biasanya sistem operasi ini tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu, fungsi dari adanya product key ini untuk membedakan antara komputer atau laptop yang satu dengan laptop lainnya.

Perlu anda ketahui bahwa kebanyakan product key hanya dapat anda gunakan untuk satu komputer saja. Artinya, anda harus menggunakan serial number yang lain jika anda hendak melakukan aktivasi Windows. Namun pada kenyataanya terkadang ada juga serial number yang bisa digunakan untuk lebih dari satu sistem operasi Windows. Hanya saja hal seperti ini jarang terjadi.

Cara Menghapus Product Key di Windows 10

1. Pertama-tama buka Command Prompt dengan cara klik kanan pilih Run as administrator.

menghapus product key windows 1

2. Kemudian ketikkan slmgr.vbs /dlv. Akan muncul jendela popup seperti gambar dibawah ini. Perhatikan Activation ID-nya.

Cara Menghapus Product Key di Windows 10

3. Selanjutnya ketikkan slmgr /upk dibarengi dengan [Activation ID] seperti gambar dibawah ini. Jangan sampai typo ya nanti error.

menghapus product key windows 3

4. Jika berhasil, nanti akan muncul notifikasi popup seperti gambar dibawah ini. Itu berarti product key sudah berhasil dihapus.

menghapus product key windows 4

5. Untuk memastikannya, anda bisa masuk ke menu Activation settings.

Tutorial Cara Menghapus Product Key di Windows 10

6. Pada bagian Activation, akan ada tulisan Windows is not activated yang berarti windows belum diaktivasi / dimasukkan product key.

menghapus product key windows 6

Bagaimana Cara Mendapatkan Product Key?

Sebenarnya untuk bisa mendapatkan product key ini ada tiga cara. Ketiga cara tersebut juga tidak terlalu sulit untuk melakukannya. Adapun ketiga cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan product key antara lain:

1. Membeli Windows

Ketika anda membeli sistem operasi Windows, khususnya Windows 10 dengan cakram fisik, maka nanti anda sudah bisa mendapatkan serial numbernya. Biasanya serial number tersebut sudah bisa anda dapatkan di kotak pembelian maupun juga stiker cakram fisik.

2. Mendownload Windows

Cara kedua adalah dengan mendownload Windows 10 yang biasanya anda juga bisa langsung mendapatkan serial numbernya. Beberapa website untuk download sistem operasi Windows juga telah menyediakan link untuk bisa mendapatkan serial number maupun untuk melakukan aktivasi.

3. Cari Serial Number di Internet

Bagi anda yang memiliki Windows 10 secara gratis alias download, sementara anda tidak mendapatkan serial numbernya, maka anda bisa mencoba cara ketiga ini.

Anda tinggal mencari serial number untuk Windows 10. Nanti anda akan mendapatkan banyak serial number dan bisa anda pilih satu persatu. Cara ketiga ini biasanya anda akan langsung mendapatkan product key yang tepat, terkadang juga masih harus mencarinya lagi.

Seperti itulah cara menghapus Product Key di Windows 10 dengan mudah. Semoga tutorial ini bermanfaat dan mudah dipahami!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *