10+ Macam-Macam Merk Router Terbaik (Terbaru 2020)

10+ Macam-Macam Merk Router Terbaik (Terbaru 2020)

Posted on 85 views


Router adalah sebuah alat atau perangkat yang berfungsi untuk mengirimkan paket internet melalui sebuah jaringan menuju tujuannya. Proses ini seringkali disebut dengan Routing dan melibatkan 3 lapisan dari stack protocol OSI Layer tujuh lapis.

Dengan menggunakan Router anda dapat menghubungkan dua atau lebih jaringan agar bisa meneruskan internet ke jaringan yang lain, berbeda dengan Switch yang lebih cenderung sebagai penghubung beberapa perangkat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Router ini banyak digunakan pada jaringan berbasis TCP/IP.

Untuk merk dari Router sendiri ada bermacam – macam karena memang kebutuhan dari penggunaan fasilitas internet paling banyak diminati saat ini. Dan keberadaan Router menjadi sesuatu yang memang harus selalu ada. Dalam artikel kali ini penulis akan mengulas beberapa merk Router kenamaan dan yang paling banyak dipakai sebagai bahan referensi jika anda ingin membeli Router atau sekedar untuk tambahan ilmu pengetahuan.

Macam-Macam Merk Router

Sebenarnya ada sangat banyak merk router W-Fi yang sudah beredar di Indonesia apalagi di dunia. Namun kami hanya menghimpun beberapa saja yang memang cukup sering dipakai dan diakui kemampuannya. Langsung saja ulasan lengkap mengenai macam-macam merk router ada dibawah ini:

1. Cisco

Cisco router

Yang pertama ini merupakan salah satu merk ternama dan memang cukup disegani dalam industry wireless Router, yakni merk Cisco. Bahkan salah satu produk dari Cisco juga adalah suatu software simulasi jaringan yang cukup banyak digunakan, oleh karena tidak heran jika merk ini diakui sebagai salah satu yang terbaik.

Router merk Cisco ini merupakan suatu perangkat yang memiliki kemampuan untuk manajemen network mulai dari lingkup kecil maupun besar. Selain itu banyak perusahaan besar yang memakai Router ini karena kualitas dan nama besarnya juga pastinya.

2. MikroTik

router mikrotik

Mikrotik pada dasarnya merupakan suatu perangkat lunak tertentu namun biasa digunakan sebagai Router. Penggunaan router Mikrotik ini dipercaya sebagai salah satu merk yang paling handal dan mencakup berbagai fitur yang diperlukan untuk membangun koneksi IP Network serta wireless. Termasuk cocok juga digunakan untuk ISP (Internet Service Provider), provider hotspot serta bisnis Warnet.

3. TP-LINK

TP-LINK router

Di Indonesia Router merk TP-LINK ini menjadi salah satu merk yang paling banyak digunakan. Hal ini dikarenakan beberapa provider internet (Wi-fi) juga sering menggunakan Router dengan merk yang satu ini. Dengan adanya fakta itu membuktikan bahwa kualitas Router ini memang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu Router TP-LINK ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau serta memiliki berbagai macam varian.

4. Linksys

Linksys router

Selanjutnya adalah router merk Linksys yang merupakan salah satu produk router dari Amerika Serikat, dan tergolong cukup professional karena sudah berjalan sejak tahun 1988. Router Linksys ini menyediakan beberapa fitur menarik, salah satunya adalah Parenting Control. Fitur ini memberikan kemudahan orang tua dalam mengawasi waktu penggunaan serta dapat mengetahui aktifitas internet yang dilakukan oleh anak – anak.

5. Tenda

Tenda router

Router merk Tenda ini tergolong router jenis unggulan karena fitur dan kecanggihannya. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya yang mendukung standarf Wi-Fi ac generasi ke 5 serta memiliki kecepatan dual band cukup besar, yakni mencapai 1167 Mbps. Fitur lain yang ditawarkan router merk Tenda ini adalah kemampuan memancarkan koneksi Wi-Fi lebih baik, bahkan dapat menembus tembok dua kali lebih baik dari router pada umumnya.

6. Huawei

Huawei router

Selanjutnya adalah router jenis Huawei yang tergolong multifungsi serta sudah mendukung jaringan 4G sehingga dalam kecepatan internet tidak perlu diragukan lagi. Selain itu merk Huawei ini juga memiliki du acara dalam akses internet yakni dengan menggunakan kabel yang disambungkan ISP atau menggunakan kartu SIM berbagai operator (GSM atau CDMA) di Indonesia.

7. NETGEAR

NETGEAR router

Router merk Netgear ini cenderung lebih menonjolkon pada kecepatan akses internet. Netgear menyadari bahwa memiliki kecepatan akses internet yang tinggi dan stabil merupakan suatu keharusan dan ini akhirnya menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan ke keluarga Indonesia. Selain memilih provider internet tentunya perlu dipertimbangkan juga pemilihan jenis router agar pemakaian dapat terus stabil.

8. D-Link

D-Link router

Router selanjutnya juga merupakan salah satu yang paling digemari keluarga Indonesia, merknya adalah D-Link. Router Wi-Fi merk D-Link ini sangat populer karena dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau namun memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah fitur Repeater Mode, yang memberikan kemampuan untuk memperluas jangkauan koneksi internet agar bisa digunakan disemua penjuru rumah bahkan bisa lebih jauh lagi.

9. ASUS Router

router asus

Merk yang satu ini mungkin bagi kebanyakan orang lebih familiar dengan produk laptop dan gadget yang menitikberatkan pada game, namun jangan salah saat ini pun ASUS juga memiliki produk router dengan kualitas yang patut diperhitungkan.

Salah satu jenis routernya bahkan memiliki kemampuan dual band sangat tinggi, mencapai 1,9 Gbps. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur keamanan bernama AiProtection ketika anda memanfaatkannya untuk berselancar di dunia internet. Tentunya semakin menambah rasa aman terutama bagi pengguna handphone, bentuknya pun cukup eksentrik.

10. TOTOLINK

TOTOLINK router

Terakhir adalah salah satu merk router yang berasal dari Hongkong China. Mungkin bagi beberapa orang terdengar asing, namun ternyata perusahaan yang memproduksi router Totolink ini sudah memiliki pengalaman lebih dalam dunia networking hardware.

Router Wi-Fi Totolink ini bahkan sudah mengantongi sertifikat ISO14001-2004 dan ISO9001-2008 sehingga dalam kualitas seharusnya cukup terjamin. Selain itu dalam kecepatan router Totolink ini juga cukup tinggi serta mampu menjaga kestabilannya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *