10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8 yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 8 yang Perlu Diketahui

Posted on 80 views


Di kelas terjangkau, Xiaomi biasanya menghadirkan dua tipe ponsel Redmi, satu yang berakhiran, satu yang tidak. Karena itu, selalu ada Redmi 5A dan Redmi 5. Kemudian dilanjut dengan Redmi 6A dan Redmi 6.

Di 2019, generasi Redmi diteruskan lewat kehadiran Redmi 7A dan Redmi 7 yang sama-sama dijual di kelas harga Rp1 jutaan. Penerusnya juga hadir, yakni Redmi 8A dan Redmi 8. Terkhusus Redmi 8, ponsel ini terbilang menarik karena menawarkan tampilan desain yang lebih baik dibandingkan Redmi 7.

Pertanyaannya, apakah Redmi 8 termasuk layak beli? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Redmi 8 yang dirangkum dari berbagai sumber. Tetapi terlebih dahulu mari simak spesifikasi yang ditawarkan oleh Redmi 8.

Spesifikasi Redmi 8

Kelebihan Redmi 8

Nah, setelah Anda mengetahui spesifikasi Hp ini, sekarang saatnya untuk mengetahui kelebihan dari Redmi 8 yang akan dibahas berikut ini.

1. Desain Premium dan Enak Digenggam

Redmi 8

Dibandingkan Redmi 7, Redmi 8 menawarkan desain yang tergolong bagus. Desain ponsel ini terlihat mewah dan cukup lain dari Redmi 7. Tengok saja bagian depannya yang kini hadir dengan notch sementara bagian belakang, tersemat kamera yang berjejer di tengah bukan berada di pinggir.

Desain ponsel ini memang masih terbuat dari polikarbonat tetapi terlihat premium. Kesan premium juga dirasakan oleh Android Authority. Menurut mereka, desain ponsel dari Redmi 8 menawarkan kesan yang premium.

Situs Firstpost memuji desain Redmi 8 yang terlihat fantastik. Selain itu, Redmi 8 memiliki desain yang melengkung yang membuat ponsel ini nyaman digenggam.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai redmi 8

Redmi 8 dibekali dengan baterai yang besar, yakni 5.000 mAh. Kapasitas baterai yang tergolong besar untuk kelas harganya. Tentu dengan daya tahan baterai yang besar, Redmi 8 menawarkan daya tahan yang lebih lama jika dibandingkan Redmi 7 yang hanya dibekali baterai 4.000 mAh.

Situs Firstpost menyebut jika daya tahan baterai HP ini tergolong bagus. Dengan penggunaan moderate, seperti penggunaan aplikasi media sosial, bermain gim beberapa jam, dan menonton beberapa video, daya tahan baterai Redmi 8 bisa bertahan sampai 1 hari setengah.

Situs Gadgets NDTV menyebut kalau daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan seharian dengan penggunaan berat. Dalam pengujian mereka, Redmi 8 ini mencapai waktu 11 jam 44 menit  untuk tes video HD loop. Menurut mereka hasilnya tidak luar biasa tetapi tidak jelek.

Kalau menurut Android Authority, daya tahan baterai ini tergolong baik. Daya tahannya bisa mencapai dua harian. Data ini menunjukan kalau daya tahan baterai Redmi 8 ini tergolong baik.

3. Mendukung Fast Charging 18W

Redmi 8

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi 8 sudah mendukung teknologi pengisian cepat 18W. Sayangnya, dalam paket penjualan, charger yang ada hanya 10W. Menurut Gadgets NDTV, dengan charger 10W, ponsel ini dapat terisi 25% dalam waktu 30 menit dan 51% dalam waktu satu jam. Bukan yang tercepat memang. Tapi dukungan pengisian cepat 18W patut diapresiasi.

4. Layar yang Cerah dengan Corning Gorilla Glass 5

Redmi 8

* sumber: www.bgr.in

Redmi 8 datang dengan layar IPS LCD 6,22 inci. Layarnya ini menawarkan resolusi 720 x 1520 piksel. Kualitas layarnya kalau menurut Gadgets NDTV  tergolong baik dalam penggunaan menonton film maupun menonton video di media sosial.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Android Authority. Menurut mereka, panel layar ponsel ini dapat menampilkan visual yang cerah meski digunakan di luar ruangan. Hanya saja layarnya agak kurang jelas ketika terkena sinar matahari langsung.

Situs BGR.in sependapat dengan Android Authority. Menurut mereka, layar Redmi 8 mampu menampilkan tampilan yang cerah dan layarnya cukup terang ketika berada di luar ruangan.

Oh yah, selain cerah, layar Redmi 8 sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Penggunaan pelindung layar ini jelas jadi kelebihan tersendiri yang membuat Redmi 8 tergolong menarik untuk dilirik.

5. Kamera Cukup Oke

Redmi 8

Redmi 8 dibekali dua kamera belakang. Kedua kamera belakang tersebut terdiri dari kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8 dan kamera 2 MP yang berfungsi untuk memberikan efek bokeh. Kamera belakang ini sudah didukung dengan Dual Pixel PDAF.

Bagaimana kualitas dari kamera belakang Redmi 8? Hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini, tergolong bagus, terutama untuk foto bokeh seperti contoh pada gambar berikut ini.

hasil tangkapan kamera Redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Menilik hasil tangkapan kameranya, tampak kalau hasil foto dari ponsel ini tergolong bagus. Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh Fonarena.com. Menurut mereka, kualitas foto Redmi 8 tergolong bagus, terutama di kondisi siang hari alias di kondisi cerah. Contohnya pada gambar berikut ini.

hasil tangkapan kamera Redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Situs BGR.in juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera dari Redmi 8 tergolong bagus di kondisi cerah. Hasil foto dari ponsel ini menghadirkan kualitas foto yang jernih dengan warna yang menarik dan detail yang cukup. Penggunaan mode AI juga sangat membantu menghasilkan foto lebih akurat dan menghadirkan warna yang lebih baik.

Untuk kamera depan, Redmi 8 dibekali dengan kamera 8 MP. Kamera ini tergolong layak. Setidaknya hal tersebut diungkapkan oleh Fonearena. Menurut mereka, selfie menggunakan foto ini tergolong layak (tentu di kelas harganya). Opsi AI Beautify juga berguna karena membantu meningkatkan kualitas gambar.

6. Tahan Cipratan Air

Redmi 8

* sumber: www.indiatoday.in

Redmi 8 punya fitur yang tergolong menarik untuk kelas harganya. Fitur tersebut adalah kemampuan ponsel ini terhadap cipratan air. Memang bukan kemampuan tahan air tetapi untuk sebuah ponsel di kelas harga terjangkau, kehadiran fitur ini jadi kelebihan tersendiri.

7. USB Type-C

Redmi 8

* sumber: www.firstpost.com

Redmi 8 tidak menggunakan port microUSB. Redmi 8 sudah mendukung port USB Type-C. Kehadiran USB Type-C di Redmi 8 jelas jadi keunggulan karena di kelas harga terjangkau (dalam hal ini Rp1 jutaan), tidak ada ponsel lain yang memakai USB Type-C (setidaknya saat artikel ini dibuat).

Kekurangan Redmi 8

Cukup banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Redmi 8. Sayangnya, Redmi 8 juga punya kekurangan yang membuat ponsel ini memiliki nilai minus di kelas harganya. Berikut kekurangan dari Redmi 8.

1. Penurunan Chipset dari Generasi Sebelumnya

performa redmi 8

Redmi 8 datang dengan chipset Snapdragon 439. Chipset hadir dengan proses fabrikasi 12nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor quad  core 1.95GHz Cortex A53  dan quad core 1.45GHz Cortex A53. Untuk pengolah grafisnya, tersemat Adreno 505.

Penggunaan chipset Snapdragon 439 di Redmi 8 merupakan sebuah penurunan. Apa pasal? Karena Redmi 7 menggunakan Snapdragon 600 series yakni Snapdragon 632.

Penggunaan Snapdragon 439 jelas membuat performa Redmi 8 mengalami penurunan mengingat Snapdragon 400 series ada di bawah kelas Snapdragon 600 series meskipun Snapdragon 439 dibangun dengan proses fabrikasi yang lebih kecil.

Penggunaan chipset Snapdragon 439 juga membuat Redmi 8 seolah tidak jauh berbeda dengan Redmi 8A. Nilai Antutu juga cenderung identik seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

antutu redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Redmi 8 dan Redmi 8A memiliki skor 70 ribuan berdasarkan benchmark Antutu 7. Skor tersebut jelas membuat kedua ponsel sebenarnya memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Karena itu, sektor performa ini jadi kekurangan. Redmi 8 seharusnya memiliki chipset yang lebih baik atau paling tidak, tetap memakai Snapdragon 632 seperti halnya Redmi 7.

2. Tidak Ada LED Notifikasi

redmi 8

Kekurangan lain dari Redmi 8 adalah tidak adanya LED notifikasi. Fitur ini cukup berguna untuk mengetahui ada tidaknya notifikasi di layar. Sayangnya, tampaknya fitur ini dianggap sepele sehingga kurang begitu diperhatikan oleh produsen ponsel.

3. Kamera Kurang Oke Di Kondisi Low-light 

Redmi 8

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi 8 memiliki kualitas kamera yang kurang bagus untuk kondisi kurang cahaya. Contohnya seperti pada foto di bawah ini.

hasil tangkapan kamera Redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Terlihat dari foto di atas kalau Redmi 8 kurang bagus untuk kondisi kurang cahaya. Sebenarnya hal wajar kualitas foto kamera belakang ponsel ini untuk low-light kurang memuaskan karena Redmi 8 berada di kelas harga terjangkau tetapi tentu akan lebih baik jika setidaknya hasil fotonya masih layak dilihat.

Simpulan

Redmi 8 ternyata memiliki keunggulan di bagian baterai, kemampuan dari cipratan air, desain yang terlihat premium, serta USB Type-C. Fitur-fitur ini tergolong bagus untuk sebuah ponsel di kelas harga Rp1 jutaan.

Sayangnya, untuk performa, Redmi 8 menjadi sekelas seperti Redmi 8A. Padahal biasanya seri yang tidak memakai “A” lebih baik dibandingkan yang memakai “A”. Tertarik dengan Redmi 8? Jika tertarik, silakan beli Redmi 8 di Bukalapak pada link ini.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *