10 Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 4 XL yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Google Pixel 4 XL yang Perlu Diketahui

Posted on 77 views


Kelebihan Google Pixel 4 XL

Google Pixel 4 XL memiliki banyak kelebihan yang membuatnya pantas berada di ponsel kelas atas. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Google Pixel 4 XL ini? Simak poin-poin kelebihannya berikut ini.

1. Layar OLED 90 Hz

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.techradar.com

Google Pixel 4 XL hadir dengan layar  6,3 inci. Layarnya ini hadir dengan panel P-OLED dengan resolusi Quad HD+ 1440 x 3040 piksel. Tentu saja sebagai ponsel kelas atas, ponsel ini harus memiliki pelindung layar. Dan Corning Gorilla Glass 5 hadir melindungi layar yang memiliki kerapatan 537 ppi ini.

Layarnya tidak sekadar menawarkan Quad HD+. Layar ponsel ini juga hadir dengan fitur-fitur yang memang sepatutnya hadir di ponsel kelas atas di era sekarang. DCI-P3 100%, HDR, dan dukungan refresh rate 90 Hz jadi bagian tidak terpisahkan dari layar ponsel ini. Layarnya juga sudah mendukung fitur always-on display.

Dengan dukungan refresh rate 90 Hz, jelas layar ponsel ini tampil memukau. Kalau menurut situs Android Authority, berkat refresh rate 90 Hz, layar ponsel ini memiliki kecepatan refresh adaptif  yang baik, terasa responsif,  dan lancar.

Masih menurut mereka, layar ponsel  ini tergolong cerah dan tajam. Layarnya bisa terlihat cerah meskipun di bawah sinar matahari. Jelas ini menandakan kalau di sektor layar, ponsel ini memiliki keunggulan tersendiri.

2. Kamera Bagus

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.tomsguide.com

Google Pixel 4 XL datang dengan dua kamera di bagian belakang. Kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 12,2 MP dengan bukaan f/1.7 dan kamera telefoto 16 MP dengan bukaan f/2.4 yang mendukung 2x optical zoom. Kedua kamera mendukung fitur OIS. Fitur PDAF juga hadir di kamera telefoto sementara kamera utamanya mendukung dual pixel PDAF.

Bagaimana hasil tangkapan kamera belakang ponsel ini? Simak hasil tangkapan dari Google Pixel 4 XL berikut ini.

hasil tangkapan kamera google pixel 4 xl b

* sumber: www.androidauthority.com

hasil tangkapan kamera google pixel 4 xl b

* sumber: www.androidauthority.com

hasil tangkapan kamera google pixel 4 xl b

* sumber: www.androidauthority.com

Kualitas tangkapan dari Google Pixel 4 XL ini tergolong bagus. Terbukti dari foto-foto di atas. Bukti paling kuat adalah hasil pengujian DxOMark yang memberikan skor kamera 112 pada Google Pixel 4. Memang yang diuji adalah Google Pixel 4. Namun, Google Pixel 4 dan Google Pixel 4 XL memiliki spesifikasi kamera yang sama. Spesifikasi keseluruhan juga sama, yang membedakan hanya sektor layar dan kapasitas baterai.

Jika hasil tes dari DxOMark masih kurang, mari cek pendapat dari situs teknologi terkemuka yang membahas ponsel ini. GSMArena contohnya. Menurut GSMArena, kualitas foto pada Google Pixel 4 meningkat dibandingkan Google Pixel 3. Menurut situs informasi teknologi terkemuka tersebut, hasil tangkapan kamera ponsel ini mampu menghadirkan eksposur yang sangat bagus dan seimbang. Hal tersebut bisa didapatkan karena fitur HDR+.

Pujian terhadap fitur HDR+ juga diutarakan situs Techradar. Menurut mereka, fitur HDR+ di kamera ponsel yang bisa digunakan sebagai Live HDR + membuat hasil tangkapan ponsel ini lebih akurat. Bisa dibilang apa yang dilihat saat mengambil gambar, itu gambar yang didapatkan.

Untuk kamera telefotonya, hasilnya tergolong bagus. Seperti yang dilansir Carisinyal dari Tomsguide, kamera telefoto ponsel ini memiliki kemampuan 8x digital zoom tanpa banyak kehilangan kualitas gambar. Tomsguide juga mencoba melakukan pemotretan dengan 2x digital zoom dan hasil fotonya terlihat tajam dan jelas. Hal ini jelas menegaskan kalau sektor kamera dari ponsel ini jadi keunggulan tersendiri.

3. Performa Bagus

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.trustedreviews.com

Google Pixel 4 XL datang dengan chipset Snapdragon 855. Rasanya tidak perlu dijelaskan lebih lanjut soal chipset ini. Chipset Snapdragon 855 sudah dikenal sebagai chipset yang kencang dan banyak digunakan di ponsel kelas atas. Skor benchmark dari ponsel ini saja tergolong tinggi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Dari gambar di atas, terlihat kalau Google Pixel 4 XL memiliki skor Antutu 8 sebesar 392.014. Sementara untuk skor Geekbench, skor yang didapatkan adalah 3.090 untuk single-core dan 10.048 untuk multi-core. Skor ini menjelaskan kalau performa dari Google Pixel 4 XL sudah mumpuni untuk berbagai tugas. Terlebih ponsel ini juga sudah dibekali RAM 6 GB yang tergolong nyaman untuk kebutuhan multi-tasking.

4. Desain dan Build Quality yang Bagus

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.trustedreviews.com

Google Pixel 4 XL memiliki desain yang menarik. Bentuk desainnya tergolong berbeda dengan ponsel kebanyakan. GSMArena bahkan menyebut kalau desain ponsel ini memiliki desain dengan tekstur yang unik.

Ponsel dengan bingkai aluminium ini juga memiliki rancang desain atau build quality yang bagus. Seperti yang dikatakan oleh Android Authority, kalau Google Pixel 4 XL ini memiliki desain yang berani dan memiliki build quality yang bagus.

5.  Software dan Motion Sense

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.tomsguide.com

Karena Google Pixel 4 XL  merupakan ponsel buatan Google, tidak aneh rasanya jika software OS Android yang berjalan di ponsel ini tergolong bagus. Android adalah milik Google karena itu Google tahu bagaimana mengoptimalkan software Android di ponsel ini.

Selain itu, Google Pixel 4 XL memiliki Motion Sense, sebuah fitur menarik. Motion Sense ini bekerja dengan sebuah sensor yang berada di bezel atas ponsel. Sensor ini memiliki dua fungsi. Yang pertama, berfungsi sebagai pendukung Face Unlock, yang memungkinkan respon Face Unlock terbuka dengan super cepat.

Yang kedua, Motion Sense yang bisa memberikan “kemampuan” penggunanya berupa penggunaan gesture menggeser tangan di hadapan Google Pixel 4 XL tanpa menyentuh layar. Gesture ini dapat berfungsi sebagai pengontrol pemutaran musik seperti di aplikasi Spotify atau Youtube. Bisa juga dipakai untuk kebutuhan penggunaan menunda alarm. Satu fitur yang tentunya bermanfaat.

Sebagai ponsel kelas atas, Google Pixel 4 XL tidak luput dari kekurangan. Apa saja kekurangan dari Google Pixel 4 XL ini? Berikut penjelasannya.

1. Daya Tahan Baterai yang Menyedihkan

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.techradar.com

Google Pixel 4 XL datang dengan baterai berkapasitas 3.700 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong kecil. Malah bisa dikatakan kurang untuk kebutuhan zaman sekarang. Rata-rata, produsen zaman sekarang memberikan baterai dengan kapasitas 4.000 mAh.

Dan daya tahan baterai ponsel ini memang kurang. Apalagi mengingat Google Pixel 4 XL ini menawarkan layar yang lebar, resolusi Quad HD+, dan refresh rate 90 Hz. Terbukti dari hasil pengujian GSMArena, Google Pixel 4 XL ini hanya mendapatkan endurance rating 73h saja.

benchmark google pixel 4 xl

* sumber: www.gsmarena.com

Seperti terlihat pada gambar di atas, kalau Google Pixel 4 XL hanya bertahan 10 jam 39 menit untuk internetan dan 11 jam 29 menit untuk video playback. Sementara untuk waktu bicara, hanya didapatkan waktu 23 jam 32 menit. Hasil ini bukanlah hasil terbaik, bahkan bukan termasuk kategori lumayan.

Trustedreviews, situs teknologi internasional yang juga cukup terkemuka, mengatakan kalau daya tahan baterai ponsel ini tidaklah bagus. Dengan penggunaan reguler, ponsel ini hanya bisa bertahan sampai jam 8 atau 9 malam saja.

Menilik sekelas ponsel seperti Huawei P30 Pro atau Apple iPhone 11 Pro Max yang dapat memberikan daya tahan lebih dari sehari, jelas daya tahan baterai Google Pixel 4 XL memang bukan yang terbaik.

Karena itu, tidak berlebihan jika menyebut daya tahan baterai Google Pixel 4 XL menyedihkan. Untuk ukuran ponsel sekelasnya, seharusnya Google Pixel 4 XL memiliki daya tahan baterai yang baik.  Untungnya, Google Pixel 4 XL mendukung pengisian cepat 18W yang memungkinkan baterai terisi penuh hanya dalam waktu 1 jam 20 menit.

2. Tidak Ada Fingerprint 

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.tomsguide.com

Saat ponsel Android lain berlomba-lomba menghadirkan sensor sidik jari di layar, Google Pixel 4 XL justru tidak menawarkan apa-apa. Tidak ada sensor sidik jari di ponsel ini. Sistem keamanan otomatis hanya mengandalkan Face ID atau Face Unlock. Padahal, ponsel ini sudah mendukung panel OLED yang memungkinkan ponsel bisa diberikan fitur sensor sidik jari di layar.

3. Tidak Ada Kamera Ultra-wide

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.trustedreviews.com

Apple iPhone 11 Pro dan Huawei P30 Pro sudah menawarkan konfigurasi kamera belakang yang lengkap. Ada lensa normal, lensa telefoto, dan juga lensa ultra-wide. Begitu juga HP kelas atas lain zaman sekarang. Hampir semua memiliki konfigurasi kamera yang lengkap. Hal yang tidak bisa ditemukan di Google Pixel 4 XL (dan juga Google Pixel 4).

Seandainya, Google mau membenamkan kamera ketiga alias kamera dengan lensa ultra-wide, jelas kualitas kamera ponsel ini semakin juara. Sayang, ketidakhadiran lensa ultra-wide membuat ponsel ini jadi terasa kurang menarik.

4. Tidak Ada Peningkatan di Sektor Video

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.tomsguide.com

Kekurangan lain dari Google Pixel 4 XL masih dari  kameranya. Google terlalu fokus pada sektor fotografi sehingga membuat videografi di ponsel ini tidak maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari dukungan rekaman video kamera utama ponsel ini yang hanya mendukung resolusi 4K 30 fps.

Tengok kompetitor ponsel ini yang sudah mendukung rekaman video 4K 60 fps. Bahkan, tidak hanya kamera utamanya, kamera depannya malah ada yang mendukung rekaman video 4K 60 fps. Fakta ini jelas membuat sektor video tidak mengalami kemajuan. Terlebih karena seri sebelumnya, yakni Google Pixel 3 series, hanya mendukung resolusi 4K 30 fps.

5. Limitasi Penyimpanan

Google Pixel 4 XL

* sumber: www.techradar.com

Kekurangan lain dari Google Pixel 4 XL adalah limitasi penyimpanan. Ponsel ini hanya memiliki dua varian, yakni varian RAM 6 GB dengan penyimpanan 64 GB dan RAM 6 GB dengan penyimpanan 128 GB.

Tidak ada dukungan penyimpanan eksternal yang tentunya hal membuat ponsel ini membatasi sektor penyimpanan. Padahal ponsel lain di kelas harga yang sama, menawarkan opsi penyimpanan internal yang berkapasitas besar.

Simpulan

Google Pixel 4 XL masih menawarkan kemampuan kamera sebagai nilai jualan utamanya. Memang Google Pixel series dikenal sebagai ponsel yang handal dalam hal fotografi. Sayangnya, sektor videografi ponsel ini tidak berkembang. Selain itu, ponsel ini tidak menawarkan kamera telefoto dan juga hanya menawarkan penyimpanan yang terbatas. Jangan lupakan juga daya tahan baterai ponsel ini yang terasa kurang.

Terlepas dari kekurangan tersebut, Google Pixel 4 XL masih menawarkan keunggulan menarik. Layarnya sudah mendukung refresh rate 90 Hz, hadirnya Motion Sense, serta desainnya yang unik tentu jadi nilai jual lain dari ponsel ini. Tertarik? Cek di sini untuk membeli Google Pixel 4 XL ini di Bukalapak.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *