10+ Contoh Surat Izin Yang Baik dan Benar, Yuk Disimak!

10+ Contoh Surat Izin Yang Baik dan Benar, Yuk Disimak!

Posted on 78 views


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud surat izin adalah surat yang berisi tentang keterangan bahwa sang pemegang surat itu diberi izin melakukan sesuatu atau tidak dapat melakukan sesuatu karena alasan tertentu seperti tidak dapat masuk sekolah atau tidak dapat masuk kerja.

Surat izin merupakan jenis surat resmi yang dapat ditulis atas nama seseorang ataupun insitusi dan ditujukan kepada institusi. Dikarenakan surat izin merupakan ragam surat resmi, maka bahasa yang digunakan pun adalah bahasa resmi atau bahasa baku yang singkat dan padat.

Kumpulan Contoh Surat Izin

Ada beberapa macam surat izin yang didasarkan pada alasan atau tujuan si pemegang surat. Berikut disajikan beberapa contoh surat izin yang disertai dengan penjelasan singkat.

1. Contoh Surat Izin Sakit

Contoh Surat Izin Sakit

Surat izin sakit adalah surat yang dibuat oleh seseorang, baik atas nama pribadi ataupun atas nama orang lain, dengan tujuan untuk memberi pemberitahuan kepada pihak terkait bahwa yang bersangkutan tidak dapat melakukan tugasnya dikarenakan sakit. Contoh surat izin sakit yang paling umum adalah surat izin sakit yang ditulis oleh orang tua yang menerangkan bahwa sang anak tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah karena sakit kepada pihak sekolah.

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Selain surat izin sakit, orang tua juga terkadang menulis surat izin lain kepada pihak sekolah yang menerangkan bahwa sang anak tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah dikarenakan ada keperluan keluarga atau kepentingan mendesak lainnya.

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Lain dulu, lain sekarang. Zaman dahulu, ketika ada mahasiswa yang tidak dapat mengikuti perkuliahan, sang mahasiswa ataupun orang tua dari mahasiswa yang bersangkutan tidak pernah menulis surat izin kepada pihak kampus.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ketika sang mahasiswa tidak dapat masuk kuliah karena alasan apapun, sang mahasiswa dapat menulis sendiri surat izin tidak masuk kuliah kepada pihak kampus khususnya dosen pengampu mata kuliah yang ditinggalkan.

4. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Sebagaimana halnya siswa di sekolah atau mahasiswa di kampus, karyawan atau pegawai juga terikat oleh aturan wajib datang dan hadir di tempat kerja serta bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Apabila sang karyawan atau pegawai karena sesuatu hal tidak dapat masuk kerja, maka sang karyawan atau pegawai yang bersangkutan wajib memberitahukan hal tersebut kepada pihak perusahaan atau instansi tempatnya bekerja. Jika tidak masuk karena sakit, surat izin yang dibuat oleh karyawan atau pegawai biasanya disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti.

5. Contoh Surat Izin Orang Tua

Surat Izin Orang Tua

Surat izin orang tua biasanya dibuat sebagai bentuk persetujuan tertulis dari orang tua untuk merelakan sang anak mengikuti kegiatan yang diadakan oleh sekolah atau menyetujui penempatan  kerja sang anak di luar kota sesuai dengan aturan perusahaan atau instansi. Untuk anak sekolah, surat ini ditujukan kepada pihak sekolah dan untuk karyawan atau pegawai surat ini ditujukan kepada pihak perusahaan atau instansi.

6. Contoh Surat Izin Usaha

Contoh Surat Izin Usaha

Surat izin juga dibutuhkan oleh seseorang atau organisasi yang ingin membangun usaha. Tujuannya adalah agar usaha yang dilakukan memiliki legalitas. Surat izin usaha ini biasanya dikeluarkan oleh instansi pemerintah setelah orang atau organisasi yang ingin membangun usaha mengajukan permohonan izin terlebih dahulu disertai dengan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Terdapat berbagai macam jenis surat izin usaha yang dibutuhkan oleh seseorang atau organisasi agar usaha yang akan dibangun memperoleh legalitas antara lain surat izin usaha PMA, surat izin usaha PMDN, surat izin pendirian PT, surat izin pendirian koperasi, surat izin pendirian yayasan, surat izin usaha perdagangan, surat tanda daftar persahaan, surat izin tempat usaha, surat izin usaha konstruksi, surat izin usaha restoran, surat izin usaha tetap, surat izin usaha jasa konstruksi, surat izin jasa perusahaan transportasi, dan masih banyak banyak lagi.

7. Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan

Surat Izin Mengikuti Kegiatan

Adakalanya pihak sekolah mengadakan kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa. Pihak sekolah yang dimaksud bisa jadi OSIS atau pengurus kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Kegiatan yang wajib diikuti oleh sisiwa misalnya karyawisata atau perkemahan Sabtu-Minggu. Agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan yang akan dilakukan, pihak sekolah atau panita akan mengirim surat izin kepada pihak orang tua agar anaknya dapat mengikuti kegiatan.

Dalam surat  tersebut dijelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan, waktu pelaksanaan, tempat dilaksanakannya kegiatan, serta jadwal kegiatan. Hal ini penting agar orang tua mengetahui lebih detil kegiatan yang akan dilakukan oleh sang anak sehingga jika terjadi sesuatu orang tua dapat segera menghubungi pihak sekolah untuk segera ditindaklanjuti.

8. Contoh Surat Izin Magang

Surat Izin Magang

Bagi siswa SMK atau mahasiswa tingkat akhir biasanya diharuskan untuk melakukan Pelatihan Kerja atau magang di perusahaan selama kurun waktu tertentu. Surat izin magang ini dapat dibuat oleh perorangan maupun pihak sekolah atau kampus dan ditujukan kepada perusahaan-perusahaan.

Surat izin magang yang dikeluarkan oleh pihak sekolah atau kampus biasanya berkaitan erat dengan nilai akademis. Sedangkan, surat izin magang yang dibuat oleh perorangan, biasanya tidak terkait dengan nilai akademis. Hal ini dimungkinkan karena banyak juga perusahaan atau lembaga yang membuka lowongan kerja bagi siswa atau mahasiswa tingkat akhir melalui jalur magang.

9. Contoh Surat Izin Mendirikan Bangunan

Contoh Surat Izin Mendirikan Bangunan

Surat izin mendirikan bangunan adalah surat izin atau persetujuan yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah kepada mereka yang ingin membangun, merobohkan, menambah atau mengurangi luas ataupun merenovasi bangunan, baik rumah tinggal maupun nonrumah tinggal.

Surat izin mendirikan bangunan wajib dimiliki oleh pemilik bangunan agar bangunan yang dimiliki aman baik dari sisi hukum maupun lingkungan atau lahan yang digunakan.

Keberadaan surat izin mendirikan bangunan ini juga sangat penting jika nantinya terjadi transaksi jual beli rumah. Jika suatu bangunan tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan, si pemilik dapat dikenai denda ataupun dibongkar. Untuk dapat memperoleh surat izin mendirikan bangunan, pemohon harus mengajukan permohonan kepada pemerintah terlebih dahulu disertai dengan syarat-syarat yang dibutuhkan.

10. Contoh Surat Izin Cuti Menikah

Surat Izin Cuti Menikah

Menikah adalah keinginan setiap orang. Biasanya, ibadah yang satu ini baru terlaksana ketika pekerjaan di kantor sedang padat-padatnya. Untuk itu, karyawan atau pegawai diberikan hak cuti menikah agar dapat melaksanakan prosesi pernikahan dari awal sampai akhir.

Cuti ini diberikan perusahaan atau instansi setelah yang bersangkutan mengujukan izin cuti menikah terlebih dahulu. Karena jika tidak, bisa jadi akan dianggap mangkir dari tempat kerja. Surat izin cuti menikah diajukan oleh yang bersangkutan dan ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau instansi. Dalam surat disebutkan secara lengkap data diri pemohon serta waktu cuti. Jangan lupa juga untuk memberikan undangan pernikahan kepada pihak kantor.

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai berbagai macam contoh surat izin. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *