Cagar Alam di Indonesia Siberut, Sumatera Barat

10 Cagar Alam di Indonesia dan Lokasinya, Yuk Disimak!

Posted on 50 views


Persebaran hewan langka di Indonesia memang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Mengingat mulai banyak sekali pemburu yang berdatangan ke hutan di kedalaman Indonesia hanya untuk berburu hewan langka.

Inilah yang menyebabkan mengapa hewan langka di Indonesia populasinya semakin sedikit dari waktu ke waktu. Karena alasan ini maka Pemerintah Indonesia membuat cagar alam di Indonesia.

Sebenarnya cagar alam di Indonesia sudah ada sejak lama sekali dan sudah tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia utamanya yang memenuhi kriteria sebagai lokasi cagar alam. Cagar alam berfungsi sebagai lokasi untuk penangkaran hewan langka yang hampir punah. Sehingga hewan ini tetap bisa berkembang biak dengan aman.

10 Cagar Alam di Indonesia

Tempat atau lokasi yang bisa dijadikan sebagai cagar alam memang harus memiliki beberapa kriteria terlebih dahulu. Mulai dari variasi satwa yang ada di cagar alam tersebut hingga kondisi fisik alam yang ada di lokasi. Saat ini cagar alam di Indonesia juga di jadikan sebagai tempat wisata edukasi yang bisa Anda kunjungi. Adapun 10 cagar alam di Indonesia yang paling terkenal adalah:

1. Cagar Alam Way Kambas, Lampung

Cagar Alam Way Kambas, LampungApakah Anda penyuka gajah? Binatang mamalia satu ini memang menjadi binatang yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sayangnya gajah saat ini menjadi hewan langka karena banyak pemburu yang membunuhnya untuk mengambil gading gajah. Oleh karena itu di buatlah sebuah cagar alam khusus untuk gajah yang berlokasi di Lampung dengan nama Cagar Alam Way Kambas atau dikenal juga sebagai Taman Nasional Way Kambas.

Cagar Alam Way Kambas pertama kali didirikan pada Tahun 1985 dan menjadi sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia. Di cagar alam ini Anda tidak hanya bisa melihat gajah saja, namun Anda juga bisa ikut memandikan gajah dan juga memberi makan gajah. Sedangkan harga tiket untuk masuk ke Cagar Alam Way Kambas adalah Rp. 7.000 untuk umum, Rp. 20.000 untuk naik gajah, dan Rp. 150.000 untuk paket wisata lengkap di Way Kambas.

2. Cagar Alam Pulau Bawean, Jawa Timur

Cagar Alam Pulau Bawean merupakan salah satu cagar alam yang paling terkenal di Provinsi Jawa Timur. Dimana lokasi tepat dari Cagar Alam Pulau Bawean adalah Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak di Kota Gresik. Harga tiket untuk masuk ke Cagar Alam Pulau Bawean yaitu gratis. Namun jika Anda ingin menyebrang ke Pulau Bawean maka Anda harus membayar sekitar Rp. 75.000 hingga Rp. 150.000.

Di Cagar Alam Pulau Bawean tidak hanya menyimpan hewan langka namun juga ada beberapa jenis tumbuhan langka yang di kembangkan di sini. Untuk daftar hewan langka di Cagar Alam Pulau Bawean adalah raja udang (Halchyon chloris), dan mamalia seperti rusa bawean (Axis kuhlii), dan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Sedangkan tumbuhan langka di cagar alam ini seperti angsana (Pterocarpus indicus).

3. Cagar Alam Bukit Barisan Selatan, Lampung

Cagar Alam di Indonesia Bukit Barisan Selatan, LampungAda banyak sekali jenis hewan langka yang dilestarikan di Cagar Alam Bukit Barisan Selatan Kota Lampung. Mulai dari Badak Sumatera, Gajah Sumatera, dan juga Harimau Sumatera. Dimana seperti yang Anda tahu jika ketiga jenis hewan ini merupakan jenis hewan langka yang paling di lindungi dan sudah terancam punah. Selain itu Cagar Alam Bukit Barisan Selatan juga menjadi hutan tropis di Sumatera.

Cagar Alam Bukit Barisan Selatan berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No 19 Km 1, Tanggamus, Kota Agung, Lampung. Sedangkan harga tiket yang harus Anda bayar jika ingin masuk ke cagar alam ini adalah Rp. 65.000 per orang. Untuk jam bukanya, Cagar Alam Bukit Barisan Selatan buka dari Hari Senin sampai Minggu dan dari jam 7 pagi hingga jam 4 sore.

4. Cagar Alam Sembilang, Sumatera Selatan

Jika Anda mencari cagar alam dengan harga tiket yang terjangkau maka Anda bisa pergi ke Cagar Alam Sembilang di Provinsi Sumatera ini. Dimana harga tiket untuk masuk ke wilayah taman nasional ini sekitar Rp.10.000 dengan jam buka jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun jika Anda datang dengan tujuan tour maka ada baiknya konfirmasi terlebih dahulu dengan pengelola Cagar Alam Sembilang.

Sedangkan wahana yang bisa Anda nikmati di Cagar Alam Sembilang ini berupa arum jeram, taman bermain anak, bioskop 3 dimensi, dan tentunya melihat fauna dan flora yang langka. Hebatnya cagar alam ini juga menyediakan rumah makan di dalam lingkungannya.

5. Cagar Alam Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

Cagar Alam di Indonesia Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

Tidak harus ke luar Pulau Jawa, di Pulau Jawa juga terdapat banyak sekali cagar alam yang menarik. Salah satunya adalah Cagar Alam Gunung Gede Pangrango yang berlokasi di alan Kebun Raya Cibodas, Cimacan,Cipanas,Cianjur,Jawa Barat. Untuk tarif tiket masuk ke cagar alam ini sangat terjangkau yaitu bekisar antara Rp. 8.000 hingga Rp. 40.000.

Uniknya cagar alam ini buka selama 24 jam dalam satu minggu. Jadi Anda bisa berkunjung walaupun hari sudah malam. Obyek wisata utama yang di tawarkan dari Cagar Alam Gunung Gede Pangrango adalah indahnya panorama alam yang masih asli dan belum terjamah. Bahkan Anda bisa merasakan suasana asri perdesaan di cagar alam ini.

6. Cagar Alam Waigeo Barat, Raja Ampat

Siapa yang tidak tahu Raja Ampat? Pulau yang ada di ujung Indonesia ini memiliki banyak sekali keindahan flora dan fauna. Dimana di pulau ini juga terdapat cagar alam yang bernama Waigeo Barat. Harga tiket masuk ke Cagar Alam Waigeo Barat yaitu Rp. 50.000 hingga Rp. 250.000.

7. Cagar Alam Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Cagar Alam Tanjung Puting, Kalimantan TengahCagar Alam Tanjung Puting yang berlokasi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah ini ditetapkan sebagai cagar alam biosfer oleh Unesco. Dimana satwa yang menghuni cagar alam ini adalah orang utan. Untuk bisa masuk ke Cagar Alam Tanjung Puting Anda cukup membayar Rp. 150.000.

8. Cagar Alam Teluk Baron, Yogyakarta

Beralih ke Indonesia bagian tengah, dimana terdapat Cagar Alam Teluk Baron yang bertempat di Kota Yogyakarta. Dimana harga tiket cagar alam ini sangat terjangkau yakni Rp. 15.000 saja. Sedangkan panorama menarik yang bisa Anda nikmati di Cagar Alam Teluk Baron adalah keindahan pantai dan biota lautnya.

9. Cagar Alam Gunung Leuser, NAD

Cagar Alam Gunung Leuser terletak di Nangroe Aceh Darussalam dengan harga tiket masuk Rp. 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 225.000 untuk wisatawan mancanegara. Cagar Alam Gunung Leuser memiliki 380 spesies burung dan 129 spesies mamalia yang ada di Sumatra.

10. Cagar Alam Siberut, Sumatera Barat

Cagar Alam di Indonesia Siberut, Sumatera BaratCagar alam selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Cagar Alam Siberut di Sumatera Barat. Harga tiket masuknya Rp. 65.000 namun belum mencakup fasilitas yang lain. Di cagar alam ini Anda bisa menikmati flora dan fauna yang sangat lengkap. Bahkan ada banyak hutan yang dilindungi di Cagar Alam Siberut ini.

Nah itu tadi 10 cagar alam yang ada di Indonesia. Jadi tertarik untuk berkunjung ke cagar alam yang mana?

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *