https://bixbux.com/

√ Ini Cara Memulai Dropshipping di Tokopedia

Posted on 47 views


https://magenet.info/

Apa itu Dropshipping?

Dropshipping adalah jenis model bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk beroperasi tanpa mengurus persediaan, memiliki gudang untuk menyimpan produk mereka, atau bahkan harus mengirimkan produk mereka ke pelanggan mereka sendiri. Cara kerjanya yaitu seorang seller bermitra dengan supplier yang memproduksi dan/atau menyimpan produk, mengemas produk, dan mengirimkannya langsung ke pelanggan, atas nama seller.

Model bisnis semacam ini sangat menarik karena menghilangkan kebutuhan bagi pemilik toko untuk memiliki lokasi bisnis fisik seperti ruang kantor atau gudang. Mereka hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet untuk menjalankan bisnis mereka. Dengan dropshipping, Anda dapat dengan cepat menguji berbagai ide bisnis yang memungkinkan Anda belajar banyak tentang bagaimana memilih dan memasarkan produk yang diminta oleh pasar.

Salah satu situs jual beli online di Indonesia yang menyediakan fasilitas untuk melakukan bisnis dropship adalah Tokopedia. Tokopedia adalah marketplace online yang memungkinkan individu dan pemilik bisnis kecil & menengah untuk membuka dan mengelola toko online mereka dengan mudah dan gratis, sambil memberikan pengalaman belanja online yang lebih baik dan lebih aman kepada pelanggan mereka. Situs ini dapat dibilang sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, sangat populer, dan memiliki traffic yang cukup besar, sehingga menjadikannya tempat yang tepat untuk memulai bisnis dropshipping.

Cara Memulai Bisnis Dropshipping

Jika Anda siap memulai bisnis yang dapat bersaing dengan raksasa ritel, dan melakukannya dengan anggaran terbatas, ikuti enam langkah di bawah ini. Meskipun tidak memerlukan banyak dana awal untuk meluncurkan bisnis pengiriman, ini akan membutuhkan kerja keras yang luar biasa.

Pilihlah suatu niche

Suatu niche yang Anda pilih harus sesuatu yang benar-benar menarik bagi Anda. Jika Anda tidak memiliki passion dengan niche yang Anda pilih, Anda akan lebih cenderung untuk ingin menghentikan bisnis Anda, karena dibutuhkan banyak usaha untuk berhasil dalam bisnis dropshipping. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih niche Anda:

  • Produk yang Anda jual harus memicu pembelian impulsif dan menarik bagi mereka yang memiliki kemampuan finansial untuk melakukan pembelian di tempat.
  • Pastikan orang secara aktif mencari produk Anda. Gunakan alat seperti Google Keyword Planner dan Google Trends untuk menemukan beberapa istilah pencarian umum yang terkait dengan niche potensial Anda.
  • Buat merek Anda sendiri. Bisnis dropshipping Anda akan memiliki nilai lebih jika Anda dapat mengubah citra apapun yang Anda jual dan mengubahnya menjadi milik Anda.

Melakukan penelitian persaingan

Anda akan bersaing dengan bisnis dropshipping lainnya. Di sinilah banyak potensi para dropshipper akan gagal, karena mereka mencari produk yang memiliki sedikit atau bahkan tanpa persaingan. Itu pertanda bahwa tidak ada permintaan untuk produk tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Kasir untuk Menunjang Usaha Anda dengan Android

Ada banyak alasan mengapa suatu produk mungkin tidak memiliki banyak persaingan, termasuk biaya pengiriman yang tinggi, masalah supplier dan manufaktur atau margin laba yang buruk. Cari produk yang memiliki persaingan, karena itu pertanda bahwa ada permintaan yang tinggi dan model bisnisnya berkelanjutan.

Temukan supplier

Bagi banyak calon pengusaha eCommerce, mencari supplier yang dapat diandalkan adalah bagian tersulit dalam memulai bisnis dropshipping. Bermitra dengan supplier yang salah dapat merusak bisnis Anda, jadi penting agar Anda tidak mempercepat langkah ini. 

Anda mengandalkan supplier untuk menjaga stok produk Anda, untuk menjaga kualitas produk, dan untuk memastikan pesanan dikirimkan kepada pelanggan Anda secara tepat waktu. Sebagai dropshipper, supplier Anda adalah mitra bisnis terpenting Anda.

Memilih platform penjualan

Sebagian besar dropshippers menggunakan situs jual beli online seperti Tokopedia, terutama ketika memulai. Mengapa?

  • Mudah mengatur akun dan mulai menjual
  • Mereka sudah menarik banyak traffic (pelanggan potensial)
  • Konsumen mempercayai platform ini
  • Anda dapat menghasilkan banyak uang melalui mereka

Namun, ada beberapa kontra yang harus diperhatikan:

  • Anda akan dikenakan biaya untuk setiap penjualan yang Anda lakukan
  • Anda memiliki kontrol terbatas (pencitraan merek, layanan pelanggan, fotografi produk, dll.)
  • Anda berada dalam persaingan langsung dengan penjual di platform yang sama
  • Konsumen memiliki banyak pilihan di satu tempat

Adapun langkah untuk memulai bisnis dropshipping menggunakan Tokopedia yaitu sebagai berikut:

Silahkan Anda buka situs Tokopedia, lalu klik tombol “Daftar” yang terletak di kanan atas.

https://magenet.info/

Kemudian silahkan masukan nomor telepon atau email Anda ke dalam kolom yang disediakan. Anda juga dapat melakukan pendaftaran menggunakan akun Facebook atau Google.

https://magenet.info/

Kemudian silahkan Anda lakukan verifikasi dengan mengecek inbox dalam email Anda, lalu memasukkan kode verifikasi sesuai dengan yang Anda dapatkan dalam email.

https://magenet.info/

Setelah melakukan verifikasi, silahkan Anda masukan nama lengkap Anda beserta kata sandi untuk akun Tokopedia Anda.

https://magenet.info/

Setelah membuat akun Tokopedia, kini Anda bisa membuka toko Anda sendiri. Caranya yaitu dengan mengklik tombol “Toko” yang terletak di kanan atas, kemudian isilah kolom yang tersedia. Jika selesai, silahkan tekan “Buka Toko Gratis”

https://magenet.info/

Kini Anda sudah memiliki toko sendiri, dimana Anda dapat memajang produk dan menerima pesanan. Setelah Anda menerima pesanan, maka langkah yang diperlukan untuk melakukan dropshipping kurang lebih sama dengan membeli barang sebagai pembeli, namun dengan satu langkah yang berbeda.

Pertama, carilah barang yang disediakan oleh supplier Anda, sesuai dengan pesanan pembeli.

https://magenet.info/

Kemudian, Anda melakukan pembelian dengan mengklik “Beli” atau Anda juga boleh menambahkan ke keranjang terlebih dahulu jika pesanan terdapat lebih dari satu barang.

Setelah melakukan konfirmasi pesanan, Anda akan tiba di halaman Checkout. Dalam halaman ini, silahkan Anda centang “Dropshipper” kemudian masukan Nama Pengirim dan Nomor Telepon Pengirim. Lalu, masukan alamat penerima kedalam Alamat Pengiriman.

https://magenet.info/

Selain menggunakan situs marketplace seperti Tokopedia, beberapa dropshippers mengambil rute untuk memulai toko online mereka sendiri. Walaupun membutuhkan lebih banyak investasi di awal, ini benar-benar pilihan yang baik untuk menghasilkan uang dan membangun bisnis online. Ada banyak alat online, seperti Shopify dan SaleHoo Stores, yang membuatnya sangat mudah untuk dilakukan.

Buat rencana untuk menarik pelanggan

Sebagus apapun produk Anda, tanpa pelanggan yang ingin membeli, Anda tidak memiliki bisnis. Ada beberapa cara untuk menarik pelanggan potensial, tetapi opsi paling efektif adalah memulai kampanye iklan sosial media.Hal ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan penjualan dan pendapatan sejak awal, yang dapat berkontribusi untuk penskalaan cepat. 

Anda juga harus berpikir jangka panjang, yang berarti SEO dan email marketing juga harus menjadi fokus. Kumpulkan email dari awal dan siapkan urutan email otomatis yang menawarkan diskon dan penawaran khusus. Ini adalah cara mudah untuk meningkatkan basis pelanggan Anda yang ada dan menghasilkan pendapatan tanpa iklan dan pengeluaran pemasaran tambahan.

Menganalisis dan mengoptimalkan

Anda perlu melacak semua data dan metrik yang tersedia untuk menumbuhkan bisnis Anda. Ini termasuk traffic Google Analytics, jika itu adalah saluran akuisisi pelanggan utama Anda. Saat Anda dapat melacak dari mana pelanggan berasal dan jalur apa yang mereka ambil di situs web Anda yang pada akhirnya mengarah pada penjualan, ini memungkinkan Anda untuk mengukur apa yang berhasil dan membuang apa yang tidak.

Anda perlu terus-menerus menguji peluang baru dan menyempurnakan kampanye saat ini, yang memungkinkan Anda mengetahui kapan harus mengoptimalkan atau menggeser pengeluaran kampanye.

Penutup

Bisnis dropshipping sangat cocok bagi mereka yang ingin memulai bisnis tetapi belum memiliki modal yang cukup. Langkahnya pun cukup mudah untuk dilakukan. Namun, apapun bisnisnya, tetap diperlukan konsistensi dan usaha untuk menghasilkan keuntungan. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *