https://bixbux.com/

√ Cara Sederhana untuk Membangun Personal Branding

Posted on 22 views


https://magenet.info/

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah bagian penting dari dunia bisnis saat ini. Konsumen sering mencari kepercayaan dari wajah yang sudah dikenalnya. Namun, apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah praktik mempromosikan seseorang dan karier mereka sebagai merek. Ini adalah proses berkelanjutan untuk mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu, kelompok, atau organisasi.

Personal Branding adalah hubungan dengan Anda, seorang individu yang ada secara terpisah dari perusahaan Anda. Proses personal branding berarti menemukan keunikan Anda, membangun reputasi pada hal-hal yang Anda ingin dikenal, dan kemudian membiarkan diri Anda dikenal untuk mereka. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk menciptakan sesuatu yang menyampaikan pesan dan yang dapat dimonetisasi.

Pentingnya Personal Branding

Baik Anda seorang karyawan atau pengusaha, mengolah personal branding menjadi sangat penting. Salah satu alasannya yaitu kini para recruiters menggunakan media sosial selama proses wawancara. Personal branding juga sangat membantu mengenalkan diri Anda kepada orang banyak dan juga membangun reputasi Anda sehingga memudahkan orang lain untuk membangun kepercayaan kepada Anda. Personal branding cukup efektif, namun sebagian besar pencari kerja belum memanfaatkannya.

Personal Branding adalah pembeda yang cukup kuat dalam pencarian pekerjaan. Pencarian pekerjaan yang sukses adalah tentang diferensiasi. Ketika Anda terlihat paling menonjol di atas orang lain yang bersaing untuk pekerjaan yang sama, Anda akan mendapatkan minat dan jauh lebih mungkin untuk melakukan wawancara.

Ada banyak manfaat yang bisa didapat orang dari menciptakan merek mereka. Personal branding juga memungkinkan seseorang untuk mengatur kehidupannya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Merek seseorang adalah bagian penting dalam karier seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari personal branding:

  • Menumbuhkan Kepercayaan
  • Membangun Koneksi
  • Membangun Kredibilitas
https://magenet.info/
Gambar: Unsplash

Cara Membuat Personal Branding

Setelah mengetahui pentingnya membangun personal branding, kini Anda sudah siap untuk mulai membangunnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam usaha Anda untuk membangun personal branding:

Cari tahu siapa Anda

Untuk membangun personal branding yang secara akurat mencerminkan identitas pribadi dan profesional Anda, Anda harus terlebih dahulu mengetahui siapa diri Anda. Buat daftar kekuatan dan kelemahan pribadi Anda. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan berikut:

  • Di bidang pekerjaan manakah saya unggul?
  • Apa yang memotivasi saya?
  • Karakteristik apa yang saya miliki yang orang lain sukai?
  • Proyek mana yang bisa saya habiskan berjam-jam tanpa merasa kewalahan atau lelah?

Jika Anda kesulitan menjawab pertanyaan ini, tanyakan kepada teman, keluarga, dan rekan kerja bagaimana mereka akan menggambarkan Anda. Setelah Anda mengetahui berbagai aspek kepribadian Anda, Anda dapat memutuskan branding seperti apa yang cocok untuk Anda.

Sadarilah bahwa personal branding Anda akan berubah seiring karier Anda tumbuh. Strategi terbaik adalah memilih area tertentu yang ingin Anda fokuskan dan membiarkannya berkembang seiring waktu.

Tentukan seperti apa Anda ingin dikenali

Personal branding Anda lebih dari sekadar cerminan diri Anda hari ini, melainkan juga merupakan roadmap ke mana Anda pergi. Selain memahami keterampilan dan kompetensi Anda yang ada, disarankan juga bagi Anda untuk menilai kekuatan dan kelemahan Anda karena hal-hal ini berhubungan dengan industri atau karier apa pun yang ingin Anda jelajahi selanjutnya.

Dengan melakukan hal ini, Anda akan mengungkap keterampilan dan sifat yang membuat Anda berbeda, serta bidang di mana Anda perlu meningkatkan atau mendapatkan pengetahuan baru untuk maju. Membayangkan di mana Anda ingin berada dalam lima atau 10 tahun dapat membantu Anda menentukan langkah-langkah apa yang perlu Anda ambil untuk mencapainya.

Tentukan audiens Anda

Sebelum Anda mulai membuat personal branding, Anda juga perlu menentukan siapa yang ingin Anda jangkau. Apakah itu pemimpin industri lainnya? Seorang individu di perusahaan tertentu? Perekrut? 

Misalnya, jika tujuan Anda adalah untuk menjangkau manajer perekrut dan perekrut, Anda dapat mulai dengan membuat atau memperbarui profil LinkedIn Anda. Di sisi lain, jika Anda adalah seorang desainer grafis yang mencoba untuk mengesankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru, Anda dapat mempromosikan diri Anda melalui situs web pribadi atau portofolio, di mana Anda dapat lebih mengekspresikan berbagai bakat Anda.

Lakukan networking

Saat Anda mengembangkan personal branding ideal Anda, penting untuk membangun koneksi untuk menumbuhkan lingkaran profesional Anda. Terhubung dengan rekan kerja dan pemimpin industri dengan pergi ke acara networking formal dan informal.

Semakin banyak koneksi yang Anda buat, semakin besar kemungkinan personal branding Anda akan dikenali. Dan menghadiri acara-acara ini secara teratur akan membantu Anda tidak hanya membangun brand Anda, tetapi juga berpotensi memajukan karier Anda.

Di acara-acara ini, jangan malu untuk meminta bertemu lagi untuk obrolan santai. Dan ingat, jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk membangun koneksi di acara tersebut, hubungi melalui email atau LinkedIn untuk memicu percakapan.

Minta rekomendasi

Rekomendasi yang diberikan dari rekan dan manajer adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mendefinisikan personal branding Anda. Sama seperti bisnis yang dapat mengembangkan ulasan pelanggan dan testimonial untuk digunakan dalam penjualan dan jaminan pemasaran, Anda juga harus mengembangkan ulasan Anda sendiri dalam bentuk rekomendasi.

Kembangkan online presence Anda

Dengan begitu banyak media sosial yang tersedia saat ini, keberadaan online Anda akan terlihat berbeda tergantung pada media yang Anda pilih. Meskipun cerita Anda harus cocok dengan semua platform, begitu Anda tahu kemana target audiens Anda berpaling, Anda dapat melipatgandakan upaya Anda dalam menceritakan kisah terbaik Anda di sana.

Selain itu, jika Anda ingin salah satu situs atau profil Anda secara eksklusif untuk teman dan keluarga, sesuaikan pengaturan privasi Anda untuk memastikan bahwa calon pimpinan kerja Anda tidak menemukan informasi yang berpotensi membahayakan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. 

Manfaatkan media sosial untuk menyoroti dan membangun keahlian industri Anda. Cobalah untuk memasukkan personal branding Anda ke bio Twitter Anda dengan menggunakan tagar untuk fokus pada niche Anda, mengikuti para pemimpin di bidang Anda, dan me-retweet kisah-kisah industri terkemuka.

https://magenet.info/
Gambar: Unsplash

Selain itu, jika Anda berada di bidang pemasaran atau desain, sangat penting untuk memiliki situs web atau portofolio pribadi yang memberikan informasi penting tentang siapa Anda dan membantu menyoroti pekerjaan Anda secara visual. Anda dapat membuat situs sendiri menggunakan Squarespace, Wix, atau WordPress. 

Contoh Personal Branding

Berikut merupakan beberapa contoh dari orang-orang yang berhasil membangun personal branding mereka dengan baik sehingga nama mereka kini dikenal oleh banyak orang:

Gary Vaynerchuk

Menjadi seorang influencer melalui media sosial, kisah Gary bermula dengan kerja keras dan dedikasi yang membawanya ke kesuksesan. Dari membuat konten di platform seperti YouTube, Instagram, dan LinkedIn, ia memposisikan dirinya sebagai seseorang yang membumi dan ingin Anda mencapai kesuksesan dengan cara Anda sendiri. Ia juga merupakan salah satu pendiri VaynerMedia. Identitas yang kuat memberi orang kepercayaan pada apa yang Anda lakukan.

https://magenet.info/
Gambar: Unsplash

Elon Musk

Memiliki personal branding benar-benar membuat Anda menjadi public figure dan karenanya sangat rentan mendapatkan kritikan terhadap pernyataan publik Anda sendiri. Elon telah dikritik karena menghabiskan uang dalam jumlah besar dengan sedikit pengembalian dan juga aksi seperti menerbangkan Tesla ke ruang angkasa yang terlihat lebih menonjolkan ego daripada penelitian. Terlepas dari apa yang Anda rasakan tentang dia, tidak dapat dipungkiri bahwa dorongannya telah menunjukkan kepada kita teknologi yang belum ditemukan dan seluruh alam semesta yang misteri-misterinya dibiarkan ditemukan.

Meskipun dia adalah public figure, wajahnya yang dikenal tidak hadir di Tesla.com. Sebaliknya, produk mengkilap adalah apa yang membuat merek inovatifnya tidak diragukan lagi. Di belakang semua pencapaian yang menarik ini adalah penelitian, pengembangan, dan tim insinyur cerdas yang dipilih oleh Mr. Musk. Mungkin tidak ada foto dirinya, tetapi kehadirannya menyentuh setiap bagian dari situsnya.

Penutup

Personal branding Anda lebih dari sekadar persona online, melainkan juga bagaimana Anda membawa diri Anda di rumah, di kantor, dan bahkan di perjalanan harian Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *