Berakal.com

√ Cara Mengetahui WhatsApp Kita Disadap & Cara Mengatasinya

Posted on 72 views


WhatsApp yang telah menggunakan Enkrispi end to end memungkinkan setiap penggunannya mengetahui apabila akun WA telah disadap. Bahkan cara untuk mengetahui jika akun Whatsapp yang digunakan telah disadap sangatlah mudah.

WhatsApp memang aplikasi perpesanan terpopuler saat ini yang sangat banyak digunakan para pengguna smartphone. Selain kemudahan saat menggunakan, fitur voice call dan video call yang sangat lancar menjadi keunggulan dari aplikasi ini.

WhatsApp juga memiliki tingkat keamanan yang bisa dibilang sangat mumpuni untuk menghindari pembajakan atau penyadapan. Terlebih lagi, setelah WhatsApp menggunakan Enkripsi End to end yang memungkinkan para penggunanya mengetahui jika akun WA sedang disadap.

Berikut ini cara ampuh mengetahui akun WhatsApp yang disadap dengan cara yang sederhana.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap

Bagi pengguna yang sangat awam, mungkin mereka tidak akan tahu jika WhatsApp yang sedang digunakan mengalami penyadapan. Padahal, anda bisa mengetahui jika akun WhatsApp anda disadap dengan mengamati beberapa kejanggalan seperti contoh berikut ini.

1. Pesan Chat WA Terbaca Sebelum di Buka

Apabila ada pesan masuk yang sudah terbaca padahal anda belum merasa membukanya, bisa jadi whatsapp anda sedang disadap. Untuk mengetahui tanda pesan telah dibaca, anda bisa melihat centang biru yang ada dibawah pesan.

cara mengetahui whatsapp disadap dengan pesan sudah dibaca

Centang biru ini memang menandakan pesan sudah terbaca, tapi jika anda merasa belum pernah membukanya anda perlu berhati-hati. Bisa saja ada orang lain yang tanpa sepengetahuan anda sudah membukanya.

2. WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain

Fitur WhatsApp web yang dirilis oleh WhatsApp juga bisa menjadi boomerang bagi anda. Jika anda ceroboh, bisa jadi anda melakukan login WhatsApp web pada perangkat orang lain.

Hal ini tentu akan memudahkan orang lain menyadap akun WA anda. Terlebih lagi, jika anda lupa untuk logout pada perangkat tersebut. Untuk mengetahui akun anda aktif di perangkat lain, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp di hp anda, lalu buka ikon titik tiga disebelah kanan atas.
  • Pilih menu WhatsApp Web.Cara membuka whatsapp web
  • Kemudian, anda bisa lihat histori akun WA anda pada perangkat lain.Cara mengetahui whatsapp disadap dengan whatsapp web

Jika akun WhatsApp anda diakses dari perangkat lain yang bukan milik anda. Anda secepatnya bisa mengambil tindakan untuk mengatasi penyadapan yang terjadi.

Cara diatas bisa anda gunakan untuk mengetahui akun WhatsApp yang mengalami penyadapan. Selanjutnya, anda perlu mengetahui cara untuk menghindari penyadapan akun dari orang tak bertanggung jawab.

Cara Menghindari Penyadapan WhatsApp

Sebenarnya pihak WhatsApp sudah memberikan keamanan yang cukup pada aplikasinya. Sehingga akun para penggunannya tidak mudah disadap oleh orang lain. Akan tetapi jika WhatsApp bisa disadap, itu bisa terjadi karena kesalahan dari pengguna WhatsApp sendiri.

Tetapi jika anda merasa perlu pengamanan lebih pada akun WhatsApp, anda bisa coba cara berikut ini.

1. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Anda bisa gunakan fitur verifikasi dua langkah ini untuk menambah pengamanan pada akun WhatsApp.

Jika mengaktifkan fitur ini, saat akan verifikasi nomor WhatsApp maka anda akan perlu menyertakan pin yang dibuat di fitur ini.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah :

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, akun anda tentu akan lebih aman dari penyadapan. Terlebih lagi jika ada yang coba memasukkan pin untuk login, bisa dipastikan penyadap tidak akan mengetahui kode pin tersebut.

Jadi, jika ada email masuk yang meminta perubahan pin atau menonaktifkan verifikasi dua langkah anda bisa abaikan saja. Karena email tersebut masuk dikarenakan ada orang lain yang mencoba mengakses akun whatsapp anda.

Apabila anda belum mengetahui cara backup data whatsapp, anda bisa baca artikel cara backup whatsapp yang pernah magenet bagikan.

2. Keluar Dari Semua Perangkat WhatsApp Web

Mudahnya cara untuk masuk pada WhatsApp Web juga menjadi cara paling mudah untuk menyadap WhatsApp seseorang. Karena dengan scan barcode, anda sudah bisa login pada WhatsApp Web ini.

Akan tetapi, penyelesaian masalah pada hal ini juga sangat mudah. Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Buka WhatsApp anda, lalu buka pengaturan dipojok kanan atas.
  • Pilih menu Whatsapp web.Cara membuka whatsapp web
  • Lalu klik Keluar dari semua perangkatCara mengetahui whatsapp disadap dengan whatsapp web

Ketika anda klik keluar dari semua perangkat, otomatis koneksi dari semua perangkat WhatsApp web akan terputus. Sehingga orang yang sedang mengakses akun WhatsApp anda tidak bisa lagi membaca semua data percakapan anda.

3. Kunci Aplikasi WhatsApp

Umumnya, semua pengguna hp hanya mengunci hp yang digunakan dengan lockscreen dan tidak mengunci aplikasi yang ada didalamnya.

Ini merupakan suatu kesalahan, karena bisa memudahkan orang lain untuk membuka aplikasi yang terinstall di hp anda.

Jika anda memerlukan privasi pada setiap aplikasi, tentu anda memerlukan pengamanan pada hp lebih dari lockscreen.

Agar privasi dari setiap aplikasi anda terjaga, anda bisa mengaktifkan pengamanan lebih dari hanya sekedar lockscreen.

Setelah aplikasi dikunci, setiap membuka aplikasi whatsapp anda harus memasukkan pola yang sudah dibuat.

Contoh diatas, admin menggunakan smartphone xiaomi yang mempunyai menu keamanan bawaan dari xiaomi. Untuk smartphone lain, anda bisa menggunakan menu bawaan jika ada atau menggunakan aplikasi yang tersedia di playstore.

Yang perlu dilakukan ketika WA disadap

  • Periksa jika ada whatsapp web yang aktif tanpa sepengetahuan anda, segera keluarkan semua perangkat.
  • Periksa aplikasi yang tidak pernah diinstall oleh anda. Karena bisa jadi, ada orang lain yang menginstall aplikasi tersebut dengan tujuan penyadapan.
  • Cek email yang ada pada perangkat hp anda, jika ada email lain yang bukan milik anda. Hapus email tersebut untuk menghindari penyadapan.
  • Aktifkan Fitur verifikasi dua langkah dan beri kemanan lebih pada aplikasi whatsapp anda.

Dengan begitu whatsapp anda akan bebas dari penyadapan orang tak beranggung jawab dan anda tentu akan merasa lebih aman.

Pahamilah keamanan yang disediakan pada aplikasi dan hp yang anda gunakan untuk menghindari segala jenis kejahatan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *