√ Cara Closing Penjualan di Online Shop yang Jitu

√ Cara Closing Penjualan di Online Shop yang Jitu

Posted on 125 views


Closing adalah tujuan utama kita ketika berjualan, karena closing lah yang akan menentukan terjual atau tidaknya produk yang ditawarkan.

Terutama untuk pebisnis online, teknik closing yang baik sangat diperlukan karena mempunyai peran yang sangat penting dalam penjualan.

Sebagus apapun strategi dan promosi bisnis Anda, jika cara closing penjualan online yang dilakukan tidak dapat menggiring calon pembeli untuk melakukan pembayaran, maka akan jadi sia-sia.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui teknik closing penjualan online yang jitu dan terbukti menghasilkan. Namun, sebelum itu Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja faktor penghambat closing.

Penghambat Closing

Sebelum lebih jauh pembahasannya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat closing.

Seseorang sedang berpikir
Photo by energepic.com from Pexels

Berikut adalah beberapa keraguan calon pembeli yang dapat menghambat closing penjualan online :

  • Merasa belum butuh dengan produk Anda.
  • Ragu dengan penjualnya.
  • Tidak tertarik dengan produk yang dijual.
  • Belum punya uang.
  • Calon pembeli menunggu tanggal gajian.
  • Harga produk dinilai terlalu mahal.
  • Bonus yang kurang menarik.
  • Masih ingin mikir-mikir dulu.
  • Dan lain-lain..

Itulah beberapa faktor yang dapat menghambat closing penjualan. Penting sekali dilakukan analisis pada produk yang akan Anda tawarkan, seperti ; kenali dan ketahui apa keunggulan produk hingga bagaimana nilai gunanya. 

Perencanaan Closing

Agar closing berjalan dengan lancar maka perlu adanya perencanaan yang matang. Dengan adanya perencanaan maka risiko kegagalan dapat diminimalisir. 

Perencanaan dapat berupa analisa produk, riset target market, hingga memperkirakan untung rugi.

Gambaran dalam rencana
Gambar: Pexels

Untuk melakukan perencanaan yang matang, ada beberapa hal yang perlu Anda gali, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengapa orang lain harus membeli produk Anda?

Memberi nilai tambah atau kelebihan dalam produk atau jasa Anda merupakan salah satu cara ampuh memancing orang lain untuk membeli produk Anda

Buat produk Anda lebih dari produk lain yang sejenis. Tanpa adanya nilai tambah maka produk atau jasa Anda akan sama dengan produk lain yang ada di pasaran.

Contoh nilai tambah yang bisa Anda berikan adalah :

  • Pengiriman lebih cepat.
  • Produk custom.
  • Garansi 100% uang kembali.
  • Memiliki banya testimoni sehingga terrlihat lebih bermanfaat.
  • Gratis ongkir.
  • Dan lain sebagainya..

Jika produk Anda memiliki nilai tambah, maka orang lain akan memiliki alasan kuat untuk membeli produk Anda.

2. Apa alasan mereka harus membeli sekarang?

Dambaan setiap penjual adalah melakukan sekali penawaran dan langsung closing. Namun faktanya, tidak semua penawaran akan selalu berujung dengan adanya penjualan.

Beragam alasan beberapa orang untuk menunda pembelian, mulai dari belum ada uang, tidak yakin dengan produknya hingga menjanjikan akan transfer esok harinya yang berujung tidak jadi membeli.

Untuk hal-hal tersebut, maka tugas Anda adalah menyakinkan pembeli untuk langsung melakukan pembelian sekarang juga.

Caranya adalah dengan menerapkan strategi penawaran terbatas, berikut contohnya:

  • Promo hanya berlaku hari ini
  • Beli sekarang free ongkir
  • Besok PO tutup dan harga menjadi normal
  • Stok sisa 3pcs, siapa cepat dia dapat
  • Dan lain-lain.

3. Apa yang membuat mereka percaya pada Anda?

Closing akan mudah terjadi dengan adanya kepercayaan antara penjual dan pembeli.

Untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang Anda tawarkan, Anda dapat menampilkan testimoni, bukti produk Anda, produk yang tersertifikasi, rekomendasi orang lain, dan lain-lain.

Kemudian, untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap penjual, bisa dengan cara jalin kedekatan terhadap calon pembeli, respon yang cepat, memberikan rekomendasi, dan lain-lain.

Teknik Closing yang Paling Tepat

Ketika ada calon pembeli yang menghubungi Anda dan mulai bertanya tentang produk Anda, itu tandanya mereka mulai tertarik. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Jangan sampai Anda menghilangkan minat mereka hanya karena salah menjawab.

Berikut adalah teknik closing ampuh yang bisa Anda terapkan:

1. Bertanyalah

Seseorang sedang memegang smartphone.
Photo by Engin Akyurt from Pexels

Kesalahan paling fatal dan banyak dilakukan adalah membiarkan obrolan berhenti di penjual. Anda bisa menanyakan apa yang calon pembeli perlukan, tanya keinginannya, alasannya, hingga bertanya bagaimana kondisinya.

Namun, perlu diingat untuk tidak asal mengajukan pertanyaan atau bertanya terus menerus tanpa jeda. Hal ini dapat membuat calon pembeli kabur karena malas menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. Jadi, bertanya seperlunya saja ya.

2. Respon Cepat

Seseorang sedang chatting
Photo by bruce mars from Pexels

Salah satu pelayanan yang buruk adalah membuat calon pembeli menunggu. Hal ini dapat menyebabkan mereka batal melakukan pembelian.

Untuk memenangkan persaingan bisnis saat ini, jangan buat pelanggan yang sudah tertarik dengan produk Anda pindah ke competitor. Caranya adalah dengan memberikan respon yang cepat dalam melayani calon pembeli.

Kemampuan ini harusnya dimiliki semua pebisnis online. Menurut businesszone.co.uk respon yang lambat sama dengan kehilangan bisnis. Jadi, jangan sampai membuat calon pembeli Anda menunggu respon yang lama ya!

3. Kelebihan dan Keuntungan Produk

Gambar produk
Photo by Kaboompics .com from Pexels

Kelebihan dan keuntungan merupakan yang hal yang dicari dari sebuah produk. Tawarkan sejumlah keuntungan yang dapat menjawab kebutuhan calon pembeli.  

Berikan informasi detail pada calon pembeli mengenai kelebihan produk serta keuntungan yang akan mereka dapatkan jika membeli produk Anda. 

Kelebihan dan keuntungan tersebut dapat berupa manfaat fitur produk, bisa juga berupa diskon, bonus, atau layanan yang akan mereka dapatkan.

4. Kuasai Produk yang Dijual

Tim sedang mempelajari produk
Photo by Fox from Pexels

Pastikan customer service bisnis Anda sudah menguasai seluruh informasi tentang produk atau jasa yang akan dijual sebelum berhadapan dengan calon pembeli.

Khususnya untuk bisnis di bidang teknologi atau dengan target market orang awam. Sehingga tidak hanya bermodalkan ramah dan respon cepat, tapi juga bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan calon pembeli, bahkan dapat mengedukasi mereka.

5. Berikan Batas

Special Deal
Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Teknik ini cukup ampuh untuk mengatasi calon pembeli yang tidak kunjung transfer. Untuk meningkatkan peluang terjadinya penjualan secara cepat yaitu dengan membuat urgency.

Buatlah suatu promosi yang membuat calon pembeli melakukan pembelian sekarang juga agar mereka dapat keuntungan lebih. 

Misalnya:

  • Hanya Hari Ini! Semua Produk Diskon 50%
  • Transfer diatas pukul 16:00, bonus make up pouch senilai Rp100.000
  • Hari terakhir promo, besok harga normal
  • Stok terbatas, barang habis tidak ada restock.
  • Dan lain sebagainya.

6. Berikan Testimoni

Testimoni yang baik
Photo by Cristian Dina from Pexels

Salah satu promosi paling ampuh adalah promosi dari mulut ke mulut. Bisa berawal dari cerita pengalaman satu pelanggan ke pelanggan lainnya. Maka jangan sepelekan testimoni dari pelanggan.

Selalu berikan kesan pelayanan yang baik. Ketika pelanggan puas dengan pelayanan dan produk Anda, bukan hal yang tidak mungkin bagi mereka untuk merekomendasikan produk Anda pada orang-orang di sekitarnya.

7. Sediakan FAQ

FAQ
Gambar: Pexels

Buatlah daftar FAQ atau Frequently Asked Question agar dapat menghemat waktu. Pastinya melelahkan juga menjawab pertanyaan yang sama dari calon pembeli setiap hari.

Daftar FAQ misalnya deskripsi singkat produk, harganya berapa, kualitasnya apa, produk dikirim dari mana, lokasi toko dimana, rekening apa, dan pertanyaan umum lainnya.

Dengan adanya FAQ, maka yang akan menghubungi adalah calon pembeli yang benar-benar tertarik dengan produk Anda dan mereka ingin tau lebih spesifik lagi.

8. Sindir Halus Kompetitor

Sindir halus kompetitor
Photo by bruce mars from Pexels

Calon pembeli yang melakukan chat pertama kali biasanya sudah melakukan perbandingan antara bisnis Anda dan kompetitor.

Saat ini mereka berada di posisi yang bingung, mana yang lebih baik, mana yang lebih memberikan manfaat dan keuntungan.

Sindir halus ini bukan berarti Anda harus menjatuhkan pesaing, namun ini adalah peluang Anda untuk bisa menonjolkan kelebihan dari produk Anda. 

Penutup

Itulah beberapa penjelasan mengenai beberapa teknik closing yang bisa Anda terapkan pada bisnis online Anda. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tulisan saya berikutnya!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *