Berakal.com

√ 8 Cara Menghilangkan Malware, Virus, Word, Trojan Permanen

Posted on 93 views


Komputer kita menjadi lemot salah satunya karena terkena malware. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menghilangkan malware.

Malware sendiri sebenarnya merupakan sebuah program. Namun perbedaan dengan program komputer biasa adalah malware dibuat dengan tujuan yang jahat.

Malware biasanya dibuat dengan tujuan untuk menghapus, mencuri, atau menyembunyikan data pada komputer yang terinfeksi.

Malware juga dapat menghabiskan bandwith serta sumber daya laptop kita.

Hal tersebut tentu sangat merugikan bagi kita. Selain merugikan, juga sangat berbahaya bagi komputer.

Malware sendiri dikelompokkan menjadi tiga kategori berdasarkan dengan tujuan pembuatannya, yaitu:

  • Malware yang bertujuan menginfeksi komputer. Contohnya adalah virus dan worm.
  • Malware yang bertujuan mengintai dan mencudi data. Contohnya adalah spyware.
  • Malware yang menyerang secara sembunyi. Contohnya backdoor, dan trojan horse.

Virus merupakan salah satu tipe malware yang pertama kali muncul. Sehingga virus lebih banyak dikenal dibandingkan dengan tipe malware lainnya.

Dan tidak jarang, orang awam mengkategorikan semua malware sebagai virus.

Untuk lebih jelasnya lagi magenet akan memberikan sedikit penjelasan mengenai beberapa jenis malware.

Sehingga kita dapat lebih mengenali tipe malware apa yang menyerang PC kita.

Tipe Malware

1. Virus

Virus merupakan tipe malware kelompok pertama. Virus sendiri adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah program yang menyelinap ke suatu file dengan tujuan tertentu.

Virus tersebut berkemampuan untuk mengubah ekstensi file yang diinfeksi, sehingga file tersebut tidak dapat digunakan lagi.

Virus juga dapat menggandakan atau memperbanyak dirinya sehingga membuat memori penyimpanan penuh.

Dengan begitu komputer kita akan menjadi lemot atau bahkan hang. Parahnya lagi virus juga dapat masuk kedalam file sistem komputer.

Setelah itu virus akan mengubah dan merusak file sistem tersebut sehingga komputer tidak dapat mengaksesnya.

2. Worm

Hampir sama dengan virus, worm juga termasuk kedalam kelompok malware yang pertama. Worm memiliki tujuan untuk menyerang, merusak, dan mengubah sebuah file.

Selain itu worm juga dapat menggandakan dirinya layaknya virus.

Lalu apa perbedaan virus dan worm jika mereka memiliki tujuan yang sama?

Perbedaanya adalah virus akan menyisipkan diri pada file lain. Sedangkan worm merupakan sebuah program yang berdiri dan tidak membutuhkan file lain sebagai sarangnya.

Worm sendiri dapat dengan mudah menyebar. Worm dapat menyebarkan dirinya melalui jaringan lalu bertelur pada setiap komputer yang terhubung.

3. Spyware

Spyware merupakan sebuah malware yang bertujuan untuk memata-matai perangkat yang dia serang.

Spyware dapat merekam data penggunaan komputer kita, mengumpulkan informasi yang ada, dan mengirimkan informasi tersebut tanpa kita ketahui.

Jika yang direkam oleh spyware berupa informasi penggunaan internet mungkin tidak terlalu berbahaya.

Namun jika yang direkam adalah informasi e-banking, kartu kredit, dan password berbagai akun tentunya ini akan sangat berbahaya.

4. Trojan Horse

Nama Trojan Horse sendiri diambil dari cerita peperangan Yunani kuno.

Dimana para prajurit elit bersembunyi didalam patung kuda troya agar dapat masuk ke benteng dan melakukan penyerangan. Begitulah cara kerja malware trojan horse.

Biasanya trojan memiliki ekstensi .exe atau .com. Trojan sangat berbahaya bagi komputer kita.

Trojan sendiri dapat memberikan akses kepada pembuatnya untuk mengacak-acak komputer yang diserangnya.

Cara Menghilangkan Malware

Jika perangkat komputer kita terkena malware. Satu-satunya cara adalah dengan menghilangkan malware yang ada. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghapus malware yang bersarang di komputer kita.

1. Hapus Temporary Files

Hapus Temporary Files

Temporary file adalah sebuah file sementara seperti cache dan cookies pada browser. Temporary file sering kali menjadi sarang malware. Untuk itu, sebaiknya kita bersihkan temporary file secara berkala.

Selain temporary file pada browser, bersihkan juga temporary file yang ada di komputer. Termasuk juga file sampah yang ada di recycle bin.

Untuk menghapus temporary file yang ada di komputer. Buka RUN setelah itu ketik %temp%. Selanjutnya hapus semua temporary file tersebut.

Setelah itu bersihkan juga file yang ada di recycle bin. Caranya klik kanan ikon recycle bin yang ada di desktop lalu pilih empty recycle bin.

Untuk menghapus teporary file di browser Chrome. Buka Google Chrome, setelah itu buka history, lalu pilih opsi untuk hapus data penjelajahan. Centang semua opsi untuk menghapus semua data.

2. Hapus atau Reset System Restore

cara menghilangkan malware dengan system restore

Sistem Operasi Windows sendiri menyediakan fitur System Restore.

Fitur ini sebenarnya sangat berguna apabila terjadi masalah pada sistem Windows. Dengan fitur ini kita dapat mengembalikan sstem pada titik point restore yang di simpan.

Namun sayangnya, fitur system restore ini juga sering kali dipakai sebagai tempat bersarang malware.

Untuk mereset system restore cukup mudah, kita hanya perlu mematikan system restore setelah itu matikan komputer.

Langkah selanjutnya hidupkan kembali komputer dan hidupkan kembali system restore. Dengan begitu file restore yang dulu akan diganti dengan yang baru.

3. Scan dengan Antivirus

scan antivirus

Jika kita memiliki aplikasi antivirus di komputer kita. Sebaiknya lakukan pemindaian menyeluruh pada semua partisi hardisk. Lakukan scanning secara berkala atau bisa juga dengan mengaktifkan fitur auto scan pada aplikasi antivirus tersebut.

Selain itu kita juga dapat menambahkan aplikasi anti malware. Segera karantina, atau lebih baiknya lagi hapus malware yang terdeteksi oleh anti virus tersebut.

4. Scan lewat Safe Mode

cara menghilangkan malware dengan safe mode

Jika melakukan scanning secara normal dirasa kurang berhasil membasmi semua malware yang ada. Kita dapat melakukan proses scan melalui safe mode.

Pada saat menjalankan safe mode, Windows akan berjalan dalam kondisi seminimal mungkin. Dengan begitu maka hanya driver yang penting saja yang akan aktif.

5. Scan Menggunakan Live CD

Ada beberapa tipe malware yang masih tetap aktif meskipun kita menjalankan safe mode.

Untuk menghilangkan malware tersebut kita dapat melakukan scanning melalui live CD.

Sehingga kita dapat melakukan scanning bahkan sebelum masuk Windows, atau pada saat booting.

Cara ini terbukti cukup ampuh mengatasi semua malware yang bersarang di komputer kita. Kecuali malware tersebut cukup kuat dan tidak terdeteksi sebagai malware.

6. Windows Defender

windows defender

Widows Defender adalah sebuah program keamanan bawaan Windows. Jika kita belum memiliki antivirus dan tidak bisa menginstall aplikasi anti virus di laptop kita.

Kita bisa menggunakan program bawaan ini untuk menghapus malware yang ada di laptop kita.

Kita bisa melakukan pemindaian secara normal pada saat komputer dalam kondisi hidup. Atau kita juga bisa melakukannya secara offline.

Menggunakan Windows defender offline terbukti cukup ampuh. Karena dengan cara ini proses scanning akan berjalan sebelum proses booting selesai.

7. Hapus Program yang Tidak Dikenal

cara menghilangkan malware dengan hapus program

Periksa program apa saja yang terinstall di komputer kita. Jika kita menemukan program yang tidak kenal atau kita tidak merasa menginstal dan menggunakannya.

Segera hapus atau uninstall aplikasi tersebut. Namun sebelum menghapusnya, periksa kembali apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak kita gunakan.

8. Install Ulang Komputer

instal ulang pc

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan malware adalah dengan melakukan instal ulang.

Dengan catatan, partisi selain partisi sistem harus kita scan terlebih dahulu. Jangan sampai ada malware yang bersarang pada partisi tersebut.

Karena akan percuma apabila kita sudah melakukan instal ulang namun ternyata ada malware yang bersarang di partisi data.

Berhati-hatilah dalam menyimpan file dan juga menginstal aplikasi. Pastikan file dan aplikasi yang ada di komputer kita dalam kondisi bebas dari malware apapun.

Semoga dengan melakukan cara menghilangkan malware di komputer. PC kita akan terbebas dari serangan malware apapun.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *