Berakal.com

√ 7 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop & Komputer 2019

Posted on 82 views


Di zaman sekarang semua jenis dan merek laptop yang beredar di pasaran pasti sudah dibekali dengan adapter WiFi (Wireless Fidelity). Tetapi tidak semua wifi laptop aktif secara otomatis. Untuk itulah kita perlu tahu cara mengaktifkan wifi di laptop agar bisa terkoneksi dengan internet.

Karena dengan menggunakan koneksi jaringan wifi yang tersedia. Kita bisa dengan mudah mengakses internet tanpa perlu bantuan kabel ataupun modem usb.

Banyak tempat kini juga menyediakan layanan internet via WiFi gratis. Mulai dari taman-taman kota, gedung sekolah, kampus, dan tempat-tempat publik lainnya.

Selain tergantung laptop, memang adapter WiFi yang ada pada laptop biasanya tidak selalu aktif setiap saat. Jika sedang tidak dibutuhkan kita bisa mematikannya untuk menghemat penggunaan baterai.

Dan ketika kita membutuhkannya lagi kita bisa menyalakannya kembali adapter WiFi tersebut.

Nah, pada tulisan kali ini Magenet akan membahas cara mengaktifkan dan mematikan WiFi di laptop atau komputer. Yang semoga menjadi solusi untuk atasi yang sedang mempunyai masalah ini.

Berbagai cara bisa anda coba tergantung dari perangkat dan merk laptop yang anda gunakan. Baik itu Acer, Asus, HP, Lenovo, Dell, Axioo, dan lain-lain.

7 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop

Karena banyaknya cara yang dapat dilakukan. Maka kita akan uraikan satu persatu cara yang bisa anda coba terapkan sesusai dengan perangkat yang anda gunakan.

1. Tombol WiFi

tombol wifi

Cara pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan tombol WiFi. Cara ini bisa dikatakan paling mudah karena anda hanya tinggal mencari tombol yang biasanya terdapat simbol wifi atau sinyal.

Letak tombol ini biasanya di sejajarkan dengan tombol Function atau ada di samping keyboard. Tergantung dari laptop apa yang anda gunakan.

Untuk mengaktifkannya, anda hanya perlu menekan tombol itu sekali saja. Biasanya pada beberapa brand laptop.

Tombol tersebut dilengkapi dengan lampu led kecil yang berfungsi sebagai indikator menyala apabila fungsi dari adapter WiFi tersebut sedang menyala. Dan sebaliknya mati ketika WiFi dimatikan.

Tapi ada juga yang hanya berupa tombol tanpa dilengkapi lampu indikator tapi fungsinya tetap sama.

2. Tombol Fn

tombol fn dan tombol wifi

Cara yang kedua ini bisa digunakan jika laptop yang anda gunakan tidak terdapat tombol khusus WiFi. Cara ini bisa digunakan pada hampir semua laptop.

Karena pada umumnya semua brand laptop pasti memberikan tombol Function khusus WiFi ini pada laptop keluarannya.

Tombol ini berada pada deretan tombol function dari F1 sampai dengan F12. Yang harus anda lakukan adalah melihat dan mencari diantara 12 tombol tersebut manakah yang terdapat simbol WiFi.

Sebagai contoh terdapat simbol WiFi pada tombol F2, maka cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol Fn dan F2 bersamaan.

Sama seperti cara sebelumnya. Beberapa laptop dibekali dengan lampu indikator yang akan menyala apabila WiFi sudah dinyalakan. Dan akan mati kembali apabila WiFi di matikan.

fn+wifi led indicator

Jika cara berikut tidak membuahkan hasil pada laptop anda. Maka anda bisa mencoba mengaktifkannya dengan cara hanya menekan tombol yang bersimbol WiFi tersebut beberapa saat.

Tanpa perlu menekan bersamaan tombol Fn. Karena pada beberapa laptop memang dibuat sedemikian rupa.

3. Windows Mobility Center

cara mengaktifkan wifi di laptop windows 7

Cara yang ketiga adalah melalui Windows Mobility Center.

Windows Mobility Center adalah sebuah aplikasi bawaan yang isinya dapat kita gunakan untuk mengatur intensitas kecerahan layar, volume audio.

Juga pengaturan performa baterai, WiFi, menghubungkan layar, sinkronisasi, dan pengaturan presentasi.

Cara ini cukup simpel karena anda hanya perlu menge-klik saja.

Cara mengaktifkan wifi di laptop:

  1. Untuk Windows 7, klik tombol Start pada taskbar sebelah kiri bawah atau bisa menekan tombol windows pada keyboard. Lalu pilih Control Panel.
  2. Untuk Windows 8, arahkan kursor ke arah pojok kanan layar, pilih Settings, lalu pilih Control Panel.
  3. Setelah itu akan ada opsi “Adjust commonly used mobility settings” yang ada dibawah kategori “Hardware and Sound”.
  4. Selanjutnya akan muncul jendela yang berisi berbagai macam pengaturan. Nah pada jendela ini silahkan klik pada tombol “Turn wireless on”.
  5. Silahkan lihat pada taskbar pada sebelah kanan bawah layar anda. Apabila sudah ada logo wireless atau simbol sinyal muncul berarti wifi sudah menyala.

Atau cara singkatnya bagi anda yang menggunakan Windows 7, 8, 8.1, dan 10 anda bisa membuka Windows Mobility Center.

Caranya dengan membuka start atau dengan Menekan tombol windows pada keyboard > Klik Tab Pencarian > Tulis “Windows Mobility Center” > Enter. Maka Windows Mobility Center akan terbuka. Demikian adalah cara singkatnya.

4. Windows 8

Sistem Operasi Windows 8 dan Windows 8.1 memiliki aturan sendiri untuk menyalakan dan mematikan wifi pada laptop. Sehingga mungkin saja Anda belum menghidupkannya dari pengaturan ini. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Arahkan kursor ke kanan layar hingga muncul Charms Bar, lalu pilih Settings.cara mengaktifkan wifi di laptop windows 8
  2. Pilih opsi “Change PC Settings”. Lalu pilih “Network”.
  3. Jika bagian “Airplane Mode” menyala, silahkan matikan terlebih dahulu karena jika fitur ini menyala maka WiFi tidak akan bisa menyala.
  4. Lihat pada bagian “Wireless Device”, kemudian nyalakan opsi “WiFi”.

Cara ini khusus untuk Windows 8 dan 8.1 saja, jika cara sebelumnya tidak dapat dilakukan.

5. Windows 10

Sama seperti halnya di windows 8, sistem operasi Windows 10 memiliki aturannya sendiri untuk menyalakan WiFi. Namun pada windows 10 lebih mudah diakses dan dicari.

Bagi anda yang memiliki laptop dengan sistem operasi Windows 10, silahkan disimak langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik ikon Network atau WiFi pada taskbar sebelah kanan bawah layar anda.
  2. Pastikan Airplane Mode tidak menyala, karena jika menyala maka wifi tidak akan bisa dinyalakan.
  3. Cukup klik pada kolom Airplane Mode yang terdapat gambar pesawat untuk mematikan dan menyalakan Airplane Mode ini.cara mengaktifkan wifi di laptop windows 10
  4. Klik Pada kolom Wifi yang terdapat simbol wifi untuk menyalakan dan mematikan wifi.

Pastikan anda sudah mematikan Airplane Mode sebelum menyalakan wifi. Karena apabila mode ini masih menyala maka WiFi tidak akan bisa dinyalakan. Jadi anda harus lebih teliti.

6. Mengaktifkan Adapter WiFi

Terkadang masih banyak orang mengeluh karena mereka tidak menemukan tombol wifi. Wifi masih tetap saja mati, dan tidak menemukan apa yang telah dijelaskan pada penjelasan di atas.

Biasanya ada beberapa masalah yang mendasar diantaranya adalah Adapter WiFi belum diaktifkan atau masih dalam kondisi “Disable”.

Cara mengaktifkan adapter wifi:

  1. Buka Start Menu dengan mengeklik tombol windows pada taskbar yang berada di sebelah kiri bawah layar laptop anda. Atau dengan menekan tombol windows pada keyboard.
  2. Pilih Control Panel, buka kategori “Network and Internet” lalu pilih opsi “Networking Sharing Center”.change adapter settings
  3. Pada menu yang terdapat di kolom sebelah kiri, pilihlah opsi “Change Adapter Settings”.
  4. Carilah adapter wifi anda, klik kanan lalu pilih “Enable”.
  5. Sekarang koneksi WiFi anda seharusya sudah dapat digunakan.

7. Install Wireless Adapter

Jika dengan berbagai langkah diatas kok masih saja anda tidak bisa menemukan indikasi errornya. Bahwa wifi anda telah menyala dan bahkan wifi anda tidak dapat diaktifkan.

Kemungkinan besar driver dari wireless adapter laptop anda belum terinstall/corrupt/kadaluarsa/terkena virus.

Untuk memperbaikinya anda bisa dengan menginstallnya kembali menggunakan DVD Driver yang biasanya diberikan dalam paket penjualan laptop. Atau di paket penjualan network adapternya.

Jika tidak ada maka anda dapat mengunduhnya di website vendor laptop atau wireless adapternya. Selain itu, anda juga bisa mencarinya secara otomatis dengan bantuan Windows.

Sebelum itu pastikan laptop anda terkoneksi ke Internet menggunakan modem usb. Bisa juga menggunakan usb tethering atau bahkan kabel LAN supaya saat pencarian software bisa lancar.

Cara install wireless adapter:

  1. Buka Start Menu ketik pada tab pencarian “Device Manager
  2. Atau bisa membuka file manager kemudian klik kanan pada Computer, lalu pilih “Manage
  3. Saat jendela terbuka pilih menu Device Manager di jajaran sebelah kiri jendela.
  4. Cari adapter wireless yang anda gunakan, klik kanan, lalu pilih opsi “Update Driver Software”.device manager
  5. Kemudian akan ada jendela yang muncul, pilih “Search automatically…
  6. Tunggu beberapa saat hingga Windows menemukannya dan menginstallnya di komputer Anda.

Jika anda kebingungan mencari driver wireless adapter anda, anda bisa menggunakan DriverPack.

Demikian adalah berbagai macam cara untuk menyalakan WiFi di laptop atau komputer anda. Silahkan pakai cara yang sesuai dengan perangkat yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *