Berakal.com

√ 5 Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected pada Windows

Posted on 58 views


Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

2 min read

Write protected merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada Flashdisk. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan beberapa cara memperbaiki flashdisk write protected.

Seperti yang kita tahu bahwa flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang cukup banyak digunakan.

Flashdisk dapat kita gunakan unutk memindahkan file dari satu laptop lain ke laptop lainnya. Selain USB not recognizer masalah write protected juga sering menyerang flashdisk.

Masalah ini dapat kita selesaikan dengan menggunakan beberapa cara.

Salah satunya adalah dengan menggunakan CMD atau Command Prompt. Selain itu kita juga dapat mengatasinya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected dengan CMD

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan CMD.

CMD sendiri memang terbukti ampuh untuk memperbaiki beberapa masalah yang menjangkit komputer dan perangkat pendukung komputer.

Cara menghilangkan write protected pada flashdisk di Windows 10:

  1. Pertama hubungkan flashdisk dengan komputer kita.
  2. Buka Start Menu Windows setelah itu cari CMD. Kemudian klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih Run as Administrator.
  3. Setelah CMD terbuka. Langkah berikutnya yaitu ketikkan diskpart lalu tekan Enter.
  4. Secara otomatis akan muncul jendela pemberitahuan dengan mengajukan dua pernyataan yaitu Yes dan No. Pilih Yes untuk melanjutkan.
  5. Kemudian, kita akan dihadapkan pada jendela baru. Selanjutnya ketikkan list disk lalu langsung tekan Enter.Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected menggunakan command prompt
  6. Langkah berikutnya, kini kita dapat melihat beberapa disk yang terbaca di laptop kita. Nah, disini kita akan memilih flashdisk yang mengalami masalah write protected.
  7. Jika flashdisk berada pada Disk 1 maka ketikkan select disk 1. Pastikan yang kita pilih adalah flashdisk kita.select disk
  8. Disini kita sudah menentukan flashdisk kita yang bermasalah. Selanjutnya masukkan perintah attribute disk clear readonly. Jika sudah langsung tekan Enter.clear randomly
  9. Langkah selanjutnya masukkan perintah clean untuk menghapus dan membersihkan semua data yang ada di flashdisk tersebut. Kemudian tekan Enter lagi.clean
  10. Jika data sudah selesai dibersihkan. Selanjutnya masukkan create partition primary. Lalu tekan Enter.create partition
  11. Pada langkah terakhir, ketikkan format fs=fat32 lalu tekan Enter pada keyboard.format flashdisk
  12. Tunggu hingga selesai

Selesai, dengan begitu flashdisk tersebut dapat kita gunakan lagi secara normal. Sangat mudah bukan?

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected dengan Registry Editor

Cara Mengatasi Flashdisk Write Protected degan Registry Editor

Jika dengan menggunakan cara yang pertama kita masih gagal untuk memperbaiki masalah write protected.

Kita dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan menggunakan Regsitry Edit.

Solusi kilat 30 detik mengatasi masalah usb flashdisk di Windows 7:

  1. Colokkan flashdisk pada USB port yang tersedia.
  2. Jalankan jendela regedit dengan cara tekan Windows + R secara bersamaan. Setelah itu ketik regedit lalu tekan Enter.
  3. Jika regedit telah terbuka. Cari dan buka pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE. Setelah itu cari dan klik pada bagian System. Selanjutnya pilih menu Control.control regedit
  4. Lalu masuk pada bagian StorageDevicePolicies. Kemudian cari dan pilih opsi WriteProtected. Setelah itu klik kanan lalu pilih Modify.writeprotect regedit
  5. Ubah Value dengan angka . Lalu tekan OK.
  6. Langkah terakhir cabut flashdisk tersebut. Kemudian pasang lagi lalu lakukan format flashdisk. Dengan begitu flashdisk akan berjalan normal kembali.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected dengan Aplikasi

Selain kedua cara diatas, ada lagi cara yang lebih simpel untuk dilakukan. Namun untuk melakukannya kita harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu.

1. Fat32

fat32 format

Aplikasi pertama yang akan kita gunakan adalah Fat32 Format.

Aplikasi ini hanya bisa berjalan pada sistem operasi Windows saja. Dengan kata lain jika kita menggunakan Mac atau Linux maka kita tidak dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengatasi Write Protected.

Pertama pastikan kita sudah memiliki aplikasi Fat32, jika belum kita bisa mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah itu hubungkan flashdisk dengan PC, lalu buka aplikasi tersebut. Selanjutnya klik start, maka secara otomatis aplikasi ini akan mengatasi masalah write protected.

2. USB Write Protected

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected degan software

Aplikasi lain yang bisa kita gunakan adalah USB Write Protected.

Aplikasi ini sama mudahnya dengan Fat32 Format. Kita hanya perlu melakukan beberapa langkah saja untuk memperbaiki flashdisk write protected.

Pertama download dan install aplikasi USB Write Protected. Setelah itu colokkan flashdisk kita. Kemudian buka aplikasi tersebut dengan Run as Administrator.

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Disable pada bagian USB Device Write Protection. Selesai kini masalah tersebut dapat teratasi.

3. HP USB Disk Storage Format Tool

HP USB Disk Storage Format Tool

Satu lagi aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki masalah flashdisk write protected. Yaitu HP USB Disk Storage Format Tool. Cara kerja aplikasi ini tidak jauh beda dengan kedua aplikasi diatas.

Cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Hubungkan flashdisk dengan PC, setelah itu buka aplikasi dengan Run as Administrator.

Lalu pilih flashdisk tersebut dilanjutkan dengan menekan tombol Start. Jangan lupa untuk mencentang pada bagian quick format atau creat a DOS startup disk using system file located at.

Jaga baik-baik flashdisk kita agar tidak cepat rusak. Pastikan kita selalu melakukan safely remove disaat akan melepasnya dan flashdisk masih digunakan.

Selain itu perhatikan juga flashdisk kita gunakan pada komputer yang bebas dari virus atau tidak. Lakukan scanning flashdisk secara berkala.

Kita juga bisa melakukan format flashdisk jika kita rasa flashdisk tersebut sudah lama tidak kita format.

Jika Flashdisk sudah terlanjur terkena Write Protected maka kita bisa memperbaiki dengan salah satu cara di atas.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *