Berakal.com

√ 5 Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Semua Bisnis

Posted on 136 views


Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

2 min read

Aplikasi penjualan atau Point of Sale (POS) merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menyelesaikan transaksi antara pembeli dan penjual. Biasanya, POS digunakan oleh bisnis retail dan food and beverage.

Dengan menggunakan software penjualan di android maupun pc, seluruh proses transaksi dapat dilakukan secara instan dan akurat.

Berbeda jika dilakukan secara manual yang memang memakan waktu lama dan rentan terhadap kesalahan.

Nah, untuk Anda yang menggeluti di bidang toko, restoran, kafe, apotek, minimarket, dan jenis bisnis lainnya tentu sangat membutuhkan aplikasi penjualan.

Pasalnya, cepat atau lambat Anda akan menyadari kebutuhan untuk mempercepat proses dan meningkatkan akurasi penjualan.

Di sini, Magenet merekomendasikan beberapa software penjualan untuk mengoptimalkan bisnis Anda.

Aplikasi Penjualan Terbaik

1. Soltius

aplikasi penjualan berbasis web

Melalui SAP Business One, Soltius menawarkan solusi penjualan yang terbilang lengkap. Tidak hanya digunakan pada perusahaan besar, Soltius juga sudah digunakan oleh banyak perusahaan dengan skala kecil dan menengah.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti mobile POS, manajemen omnichannel, manajemen reservasi, hingga manajemen resep untuk bisnis restoran.

Selain itu, Soltius juga memiliki keunggulan dari segi pembayaran. Tidak hanya menerima pembayaran debit dan kredit, melainkan juga e-cash atau e-money.

Ditambah, aplikasi ini akan memberikan Anda penawaran seperti:

  • 4 lisensi terbatas
  • 1 lisensi profesional
  • 2 orang konsultan untuk bekerja selama 45 hari
  • 1 pengguna tidak langsung

2. EQUIP POS

download aplikasi penjualan dengan php dan mysql

Aplikasi penjualan selanjutnya yaitu EQUIP. Walaupun terbilang baru di Indonesia, namun software ini telah diimplementasikan oleh berbagai perusahaan dan instansi di Singapura sejak 2006 silam.

Aplikasi ini menawarkan solusi lengkap untuk bisnis dari berbagai skala, baik dari enterprise hingga small & medium businesses. Selain itu, aplikasi berbasis cloud ini juga dilengkapi dengan interface modern dan ramah pengguna.

EQUIP POS juga memiliki fitur andalan seperti:

  • Multi-user & multi-location management
  • Transaction Suspension
  • Customer loyalty management
  • Product & price synchronization
  • Product return management
  • Table Management (untuk restoran)

3. Pawoon

download aplikasi penjualan berbasis web gratis

Pawoon merupakan software yang cukup terkenal di kalangan bisnis retail dan restoran berskala kecil dan medium. Sistem POS Pawoon juga mudah untuk digunakan.

Pawoon juga dapat Anda gunakan secara offline. Seluruh data transaksi tersimpan dengan rapi dan akan disinkronisasikan saat sistem kembali terhubung dengan internet.

Aplikasi penjualan berbasis web ini juga memungkinkan pengguna mengakses laporan secara real time melalui smartphone. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menghitung harga pokok produk (HPP), menentukan promo, dan mengelola bahan baku atau resep.

4. MOKA

moka pos

Seperi halnya Pawoon, MOKA juga terkenal di kalangan bisnis retail dan restoran di Indonesia. Aplikasi MOKA dapat menyederhanakan proses penjualan usaha Anda dan mengelola transaksi lebih efisien.

Aplikasi yang satu ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat memudahkan Anda mengelola bisnis yang dijalani. Beberapa fitur andalannya yaitu:

  • Manajemen promo
  • Manajemen inventaris
  • Manajemen staf
  • Manejemen pelanggan

5. Olsera

olsera

Terakhir, Magenet merekomendasikan aplikasi bernama Olsera. Olsera sendiri digadang sebagai aplikasi penjualan yang murah dan fleksibel.

Dengan membayar biaya langganan bulanan yang ditawarkan, Anda dapat menikmati semua fitur andalannya.

Olsera biasa digunakan oleh berbagai bisnis kecil dan menengah, mulai dari kafe, restoran, apotek, toko ritel, dan lain sebagainya.

Nah, untuk bisnis ritel, aplikasi ini menyajikan sinkronisasi data, perhitungan ongkos kirim, manajemen inventaris, manajemen pembayaran, manajemen transfer stok, dan CRM.

Sedangkan untuk F&B meliputi manajemen menu, manajemen pemabayaran, manajemen meja, dan kitchen display sistem.

Itulah beberapa software yang dapat membantu dalam mengelola bisnis penjualan Anda. Di atas juga terdapat beberapa aplikasi yang dapat Anda coba secara gratis sebelum membelinya.

Perbedaan Pencatatan Penjualan vs Software Penjualan

Satu hal lagi, untuk memantapkan Anda dalam menggunakan aplikasi, berikut beberapa perbedaan pencatatan penjualan vs software penjualan.

ManualOtomatis
Memerlukan buku catatanCukup Menginstal aplikasi
Ditulis tanganCukup input di form khusus
Harus dihitung manualOtomatis dihitung oleh sistem
Rentan terhadap kesalahanNyaris tidak ada kesalahan
Memperlambat layanan penjualanMenghemat waktu pelayanan
Kerahasiaan data kurang amanKerahasiaan data terjamin aman
Perlu menghitung lagi omsetLangsung dianalisis dari grafik bisnis

Pastinya, masih banyak lagi kelebihan dari menggunakan software penjualan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *