Berakal.com

√ 4 Cara Uninstall Aplikasi & Game di Laptop Windows, Bersih!

Posted on 123 views


Galan Seseorang yang sering melakukan hal yang berkaitan dengan Teknologi. Mencintai dunia internet khususnya Search Engine Optimization

2 min read

Sebagai pengguna komputer tentunya kita wajib mengetahui cara uninstall aplikasi di laptop. Pasalnya jangan sampai secara tidak sadar harddisk di laptop kita ternyata sudah hampir memenuhi batas kapasitas maksimum.

Hal ini hampir bisa dipastikan disebabkan oleh menumpuknya file-file lama dan berbagai macam aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan.

Penumpukan file dan aplikasi tadi sebaiknya dihapus atau di uninstall. Magenet.com akan menjelaskan kepada Anda manfaat melakukan uninstall aplikasi yang tidak diperlukan.

Manfaat Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Menguninstall aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan memiliki banyak sekali manfaat, berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Membuat kinerja laptop mejadi lebih cepat

Dengan menguninstall aplikasi, maka akan memberikan beban yang lebih ringan pada harddisk sehingga membuat kinerja laptop menjadi lebih ringan dan lebih cepat.

Selain itu juga akan membuat harddisk kita menjadi lebih awet dan memiliki umur yang panjang.

2. Mengurangi resiko terkena virus

Bagi pengguna windows, virus adalah masalah yang paling sering dialami. Laptop dengan mudahnya terkena serangan virus.

Maka dengan mengurangi jumlah aplikasi yang ada di laptop maka resiko laptop kita terkena virus juga akan berkurang. Apalagi bagi anda yang sering mendownload aplikasi secara illegal atau crack.

3. Memberikan ruang yang lebih banyak

Aplikasi yang telah teruninstall maka akan membuat ruang kosong pada harddisk kita yang bisa digunakan untuk menginstall aplikasi lain yang lebih kita butuhkan.

Menghapus aplikasi di laptop bisa dilakukan dengan empat metode.

Cara ini bisa diterapkan di berbagai sistem operasi windows seperti windows 7, windows 8, dan windows 10. Berikut tutorialnya:

4 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Sampai ke Akarnya

Telah disediakan cara uninstall aplikasi di laptop berbasis windows 10 dengan dengan cepat melalui fitur Start Menu yang secara default ada dibagian pojok kiri bawah. Caranya :

  • Buka Start Menu.
    menghapus aplikasi via start menu
  • Pilih aplikasi yang ingin kita uninstall.
  • Klik kanan, kemudian pilih uninstall.

2. Mengapus Aplikasi Via Control Panel

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi di laptop yaitu melalui Program and Features yang terdapat di Control Panel.

Control Panel sendiri merukapan fasilitas yang diberikan oleh windows untuk mengatur berbagai macam fitur yang terdapat di laptop kita. Kita bisa membuka Control Panel melalui :

  • Fitur Search kemudian ketik Control Panel.
  • Windows Run (dengan shortcut tombol kombinasi Windows + r) lalu ketik Control Panel.
  • Command Prompt dengan memasukkan perintah Control Panel.
  • Windows PowerShell sama dengan Command Prompt yaitu memasukkan perintah Control Panel.
  • Setelah Control Panel terbuka lalu pilih Uninstall a program.control panel
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kita uninstall, klik kanan dan pilih Uninstall lalu ikuti prosesnya sampai selesai.pilih aplikasi yang ingin kita uninstall

3. Meng-uninstall Aplikasi Via Settings

Selain dua cara diatas, uninstall aplikasi di laptop atau PC juga bisa dilakukan dengan melalui fitur Settings. Kita bisa membuka Control Panel melalui :

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga ini biasanya memiliki fitur yang lebih baik, misalnya dengan menghapus aplikasi sampai dengan folder yang ditinggalkan juga akan ikut terhapus tanpa kita harus menghapusnya secara manual.

Dibawah ini beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang biasanya digunakan untuk uninstall aplikasi di laptop atau PC :

1. iObit Uninstaller

Aplikasi iObit Uninstaller memiliki fitur Forced Uninstall yang berarti kita bisa men uninstall aplikasi di laptop kita secara paksa.

2. Revo Uninstaller

Revo Uninstaller memiliki 2 versi. Versi pertama yaitu gratis, kita bisa menggunakannya tanpa membayar sepeser pun. Namun, fitur yang kita dapatkan juga terbatas.

Versi kedua yaitu full version yang bisa kita dapatkan dengan cara membeli lisensinya. Dengan membeli full lesensinya, maka fitur yang kita dapatkan juga tentunya lebih lengkap.

Sama seperti iobit uninstaller, revo uninstaller juga memiliki fitur forced uninstall. Namun, aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu file dan folder sisa tidak semuanya terhapus secara otomastis sehingga kita harus mengecek file sisa aplikasi yang terhapus.

Demikian artikel mengenai cara menghapus aplikasi di laptop atau pc, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu. Silahkan jika ada hal yang masih bingung, tanyakan di kolom komentar dibawah ya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *