Berakal.com

√ 4 Cara Screenshot Asus Semua Tipe dengan Mudah

Posted on 30 views


Daffa Seseorang yang suka utak-atik hal yang berkaitan dengan teknologi terutama mengenai Android, Komputer, dan Internet.

2 min read

Asus merupakan salah satu brand ponsel terkemuka saat ini. Bagi kita pengguna baru mungkin belum tahu bagaimana cara screenshot hp Asus kita.

Screenshot atau yang biasa disebut dengan Screen Capture adalah sebuah proses pengambilan gambar pada layar gadget. Setiap orang tentu saja memiliki tujuan masing-masing untuk menggunakan hasil screenshot tersebut.

Screenshot sendiri memiliki beragam kegunaan. Seperti untuk meng capture informasi penting, membuat testimoni dari sebuah chat, menunjukan skor tertinggi pada sebuah game, dan masih banyak lainnya.

Proses pengambilan gambar tersebut dapat kita lakukan dengan mudah, khusunya untuk smartphone keluaran sekarang.

Pasalnya fitur screenshot sendiri biasanya sudah disediakan secara langsung oleh smartphone tersebut. Sehingga kita tidak perlu untuk menggunakan aplikasi screenshot.

Pada smartphone Asus terbaru terdapat juga fitur baru yaitu ling scroll screenshot. Fitur ini dapat kita gunakan untuk menangkap layar secara panjang, salah satunya adalah untuk mengcapture history chat.

4 Metode Screenshot HP Asus

1. Tombol Power dan Volume

Cara pertama ini adalah cara yang paling umum digunakan oleh pengguna Asus. Bahkan tombol kombinasi ini juga dapat kita gunakan untuk melakukan screenshot di HP lain seperti Xiaomi.

Untuk melakukannya pastikan HP kita tidak dalam keadaan terkunci. Setelah itu buka tampilan yang akan kita screenshot. Kemudian tekan dan tahan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.

Tunggu hingga terdengar bunyi cekrek sebagai bukti bahwa screenshot telah berhasil.

Cara Screenshot Asus dengan Tombol Power dan Volume

Biasanya, hasil tangkapan layar tersebut akan secara otomatis tersimpan di HP kita. Kita dapat melihat hasil screenshot tersebut di galeri HP atau di file manager.

Selain dengan menggunakan tombol Power dan Volume down, kita juga dapat melakukan screenshot dengan tombol menu. Untuk dapat menggunakan cara ini kita perlu mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

Buka Settings, setelah itu pilih ASUS customized settings. Kemudian pilih Key Settings, lalu pilih tap and hold to capture screen.

Cara Screenshot Asus dengan Tombol Menu

Jika fitur tersebut sudah aktif, pilih tampilan yang akan kita screenshot. Lalu tekan dan tahan sebentar tombol menu atau Recent Apps yang terletak di sudut kanan bawah HP.

Apabila kita menggunakan cara ini, kita perlu sedikit bersabar karena fitur ini membutuhkan waktu capture yang sedikit lebih lama dibanding dengan menggunakan tombol power dan volume.

Meski demikian, cara ini tetap layak untuk kita coba apabila kita takut tombol power dan volume HP Asus kita akan mudah rusak jika terlalu sering digunakan.

3. Tombol Tambahan

Cara yang ketiga yang dapat kita coba adalah dengan menggunakan tambahan tombol screenshot yang ada pada quick settings.

Caranya tidaklah sulit, cukup dengan menarik bagian notifikasi bar HP Asus kita. Setelah itu, pilih icon edit dengan gambar pensil dan kertas.

Jika sudah, cari icon Screenshot lalu taruh icon screenshot tersebut di bagian atas dan beri tanda centang. Setelah itu tekan Save.

Screenshot Asus dengan Tombol Tambahan

Untuk mengambil gambar tampilan layar, tentukan tampilan yang akan kita screenshot. Setelah itu buka quick panel kemudian pilih icon screenshot. Maka secara otomatis screenshot akan diambil.

4. Aplikasi

Jika kita ingin menangkap layar dengan berbagai macam fitur. Kita dapat menggunakan aplikasi screenshot yang banyak sekali tersedia di Google Play Store. Kita dapat mencarinya dengan menggunakan kata kunci screenshot.

Dengan aplikasi screenshot tambahan biasanya kita dapat secara langsung mengedit screenshot tersebut.

Selain itu ada juga aplikasi screenshot yang memiliki fitur untuk merekam layar atau screen record. Fitur screen record tersebut tentu saja sangat bermanfaat jika kita ingin merekam layar kita.

Merekam layar biasanya digunakan untuk membuat tutorial tertentu. Selain itu merekam layar juga biasa digunakan oleh para gamer untuk merekam aktifitas bermain mereka.

Semua cara screenshot diatas dapat kita gunakan di berbagai tipe HP Asus. Seperti Asus Zenfone, Zenfone 2 laser, Zenfone Go, Zenfone 4, Zenfone C, Max Pro M1, Max Pro M2, dan lain tipe lainnya.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *