Berakal.com

√ 3 Cara Cleaning Printer Epson / Canon / Brother yang Benar

Posted on 110 views


Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

3 min read

Cara menggunakan printer perlu anda ketahui saat pertama kali memakai / mengoperasikannya. Dikarenakan penggunaan yang tidak tepat bisa membuat hasil cetakan tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Lalu apa yang terjadi jika cetakan tidak rata atau bergaris? Jika printer yang anda gunakan mengalami hal tersebut, itu disebabkan karena adanya tinta yang mampet. Anda bisa memperbaiki dengan cara head cleaning printer anda.

Mungkin hasil cetakan ketika printer yang masih baru akan berfungsi dengan baik dan hasil yang memuaskan.

Anda akan menyadari jika printer yang anda gunakan terus menerus menemui masalah seperti hasil cetakan printer yang terputus-putus. Hingga tinta warna/hitam tidak keluar pasti anda akan memerlukan  cara cleaning printer ini.

Lalu dimanakah head printer berada?

Head printer terletak pada bawah komponen printer yang bernama Catridge. Fungsi dari head inilah yang berperan untuk mengeluarkan tinta menuju kertas pada saat proses cetak.

Ada baiknya anda mengecek tinta apa yang tidak keluar dengan sempurna pada printer dengan melakukan Nozzle Check.

Perlu anda ketahui juga cara untuk head cleaning pada setiap merk printer itu berbeda. Oleh karena itu mari simak cara head cleaning printer berikut ini

1. Cara Cleaning Printer Canon

Jika anda sudah mengalami tinta printer tidak keluar dengan lancar, lihatlah warna apa yang tidak keluar atau mampet.

Misalkan printer anda hanya mengalami mampet pada tinta hitam anda dapat melakukan cleaning saja. Tapi jika sudah semua tinta tidak keluar dengan baik maka pilihlah menu deep cleaning.

Apakah yang membedakan antara cleaning dan deep cleaning  pada printer canon? Cleaning bisa dilakukan untuk membersihkan head dari tinta yang menghambat jarum pada head printer untuk mengeluarkan tinta.

Sedangkan yang berbeda pada deep cleaning  adalah kadar pembersihannya yang lebih maksimal.

Catatan: Lakukan deep cleaning hanya saat cetakan sudah parah atau banyak tinta yang tidak keluar. Karena terlalu sering melakukan deep cleaning juga tidak baik untuk printer anda.

Selain tinta bisa cepat habis, terlalu sering melakukan deep cleaning juga bisa membuat catridge printer anda cepat rusak.

Langkah cleaning printer:

  • Pertama saat akan melakukan cleaning printer adalah pastikan printer dalam keadaan hidup. Kemudian masuklah ke menu Devices and Printer.
  • Pilihlah printer yang akan anda cleaning. Klik kanan kemudian klik pada bagian Printer Properties.cara cleaning printer canon
  • Pilih pada bagian Maintenance > Cleaning / Deep Cleaning pilihlah sesuai dengan kondisi printer anda.
  • Jika hasil cetak dari printer yang anda gunakan error tidak terlalu parah  pilihlah menu cleaning saja. Akan tetapi  jika sudah sangat parah padahal anda sudah cleaning silahkan anda lakukan langkah deep cleaning.
  • Anda bisa memilih semua warna atau hanya warna hitam saja yang akan anda cleaning.
  • Setelah proses cleaning selesai silahkan klik Print check pattern untuk mengetahui hasil warna apakah sudah sempurna atau masih bergaris.cara mudah cleaning printer canon
  • Jika hasil sudah sempurna silahkan close  / cancel saja.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk printer canon.

Dan berikut ini adalah cara untuk head cleaning pada printer Epson.

2. Cara Cleaning Printer Epson

Langkah untuk cleaning printer Epson sebenarnya hampir sama dengan printer Canon hanya saja beberapa menu didalamnya yang berbeda.

Sama seperti sebelumnya pada langkah pertama K

Mudah bukan untuk mempraktekkan cara-cara diatas, cara tersebut bisa dilakukan hampir pada semua jenis printer. Hanya saja perbedaan menu didalamnya yang bisa membuat anda bingung jika tidak mengetahuinya.

Tidak semua jenis printer harus terhubung dengan komputer saat akan melakukan cleaning contohnya yaitu printer Brother.

Printer ini mempunyai tombol rahasia untuk melakukan head cleaning. Tidak seperti printer lainnya yang tidak mempunyai tombol khusus untuk head cleaning.

Untuk itu simaklah cara head cleaning pada printer Brother berikut ini

3. Cara Cleaning Pinter Brother

Berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya, printer Brother mempunyai cara tersendiri untuk head cleaning.

Inilah tombol tahasia printer Brother untuk head cleaning.

  • Pertama tekan tombol Menu kemudian pilih mono, setelah itu tekan tombol atas sebanyak 4x
  • Berikutnya untuk cleaning printer tekan kode 76 untuk cleaning all atau kode 768 jika cleaning sebagian / yang dipilih saja.
  • Langkah selanjutnya jika printer sudah selesai cleaning anda bisa menekan tombol 09 untuk cek hasil cetakan.
  • Jika Hasil cetakan sudah tidak bergaris atau sudah sempurna silahkan masukkan kode 99 untuk keluar.
  • Tapi jika masih bergaris anda bisa mengulangi langkah seperti diatas max 5x. Jika anda sudah mengulang hingga 5x tapi masih saja bermasalah lebih baik anda menghubungi service center terdekat.

Jika anda bingung untuk cara head cleaning printer Brother, simaklah video berikut ini.

Itulah beberapa cara untuk cleaning printer yang sangat mudah untuk di praktekkan.

Cara Setting di Windows 10

Jika anda menggunakan windows 10 cara yang sedikit berbeda adalah pada menu awal, langkah singkatnya adalah sebagai berikut.

Klik pada menu windows dan pilihlah Setting > Devices > Printer & scanners. Selanjutnya anda tinggal memilih printer apa yang akan anda cleaning. Untuk langkah cleaning anda bisa melakukan sesuai dengan jenis printer yang anda miliki.

Cara masuk pengaturan printer di windows 10

Demikian cara cleaning printer yang bisa anda praktekkan sendiri dengan mudah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat anda lebih teliti saat mengalami kendala pada proses cetak.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *