Berakal.com

√ 2 Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Posted on 76 views


Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

2 min read

Saat anda mengetahui jika file yang ada di WhatsApp hilang atau terhapus, pasti anda langsung mencari cara mengembalikan file tersebut.

File yang hilang bisa disebabkan banyak faktor, contohnya saja flash ponsel, kerusakan pada SD card atau bahkan tak sengaja menghapusnya.

Memang terkadang kita lupa untuk mengecek data-data pada ponsel sebelum mereset atau flash ponsel. Jika itu terjadi tentu file-file didalamnya akan hilang semua tak terkecuali juga data WhatsApp kita.

Panik, mungkin itu yang akan terjadi ketika hal diatas terjadi pada kita. Terlebih lagi jika banyak file penting yang tersimpan didalam aplikasi WhatsApp.

Tapi tenang saja, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Jika yang terjadi hanya terhapus atau hilang, cara berikut ini bisa anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di WhatsApp.

Menjadi aplikasi perpesanan yang terpopuler membuat WhatsApp paham dengan permasalahan yang kerap dialami para penggunannya. Sehingga, WhatsApp mempunyai sistem back-up otomatis yang terus bekerja tanpa anda ketahui.

Anda bisa menemukan hasil backup ini dengan akses setelan berikut.

Anda akan mengetahui jika WhatsApp sudah melakukan backup otomatis tanpa anda ketahui. WhatsApp selalu membackup data anda kedalam database pada pukul 2 pagi.

Data ini akan tersimpan selama 7 hari pada ponsel anda. Data file akan terus di update dan hanya menyimpan aktivitas WhatsApp anda selama 7 hari terakhir.

Kemudian cara mengembalikan file tersebut, anda bisa ikuti langkah berikut ini.

Dengan begitu file yang terhapus akan kembali seperti semula. Perlu diingat, file yang akan kembali adalah file yang ada selama 7 hari terakhir. Jika file yang hilang sudah lebih dari 7 hari, maka anda tidak bisa memulihkannya.

Selanjutnya adalah cara mengembalikan file yang terhapus di WhatsApp karena flash atau reset ponsel.

Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus dengan Google Drive

Anda sangat beruntung jika data dari WhatsApp sudah pernah di backup ke Google Drive. Karena dengan bantuan google drive, file yang hilang saat reset atau flash ponsel bisa anda kembalikan lagi.

Pastikan akun google yang anda gunakan sama dengan yang anda gunakan sebelum reset atau flash ponsel. Selanjutnya anda bisa gunakan cara berikut ini jika sudah pernah backup data WhatsApp ke Google Drive.

  • Install aplikasi Whatsapp di playstore
  • Masukkan nomor yang sama seperti yang sebelumnya anda pakai. (Pastikan nomor yang anda masukkan sudah sama seperti nomor sebelumnya.)
  • Setelah kode verifikasi diterima, maka akan muncul opsi restore secara otomatis.
  • Klik Next & Restore untuk mengembalikan data anda yang terhapus.
  • Tunggu hingga proses restore selesai
    Lama atau tidaknya proses restore chat ini tergantung dengan ukuran file backup chat whatsapp yang anda miliki.

Setelah proses restore selesai maka secara otomatis data WhatsApp yang terakhir anda backup anda muncul. Kemudian file yang terhapus bisa anda temukan kembali. Pastikan data WhatsApp anda aman dengan rutin membackupnya, Selamat mencoba!

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *