Berakal.com

√ 2 Cara Mengatur Waktu Mati Layar di HP & Laptop

Posted on 58 views


Nur Rahman Seseorang yang suka dengan dunia Fotografi dan Teknologi. Sering memotret momen indah dan mempelajari teknologi terbaru.

1 min read

Pada umumnya, layar pada komputer akan mati dalam beberapa menit jika tidak digunakan. Tapi terkadang waktu pada settingan default terlalu pendek, sehingga anda perlu mengatur waktu mati layar dengan cara setting ulang.

Settingan default ini memang berguna untuk menghemat daya agar tidak terjadi pemborosan.

Kelebihan dan kekurangan dari waktu mati layar ini memang sangat berpengaruh pada penggunaan. Kelebihanya, memang sangat membantu saat anda lupa mematikan komputer dimalam hari karena ketiduran.

Tapi kekuranganya, apabila anda sedang download dan komputer tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama setelah layar mati. Maka yang terjadi adalah komputer akan ikut mati.

Cara Mengatur Waktu Mati Layar Komputer

Untuk memulai mengatur waktu mati layar pada komputer, anda bisa simak cara-cara berikut ini.

Setelah masuk pada menu diatas, anda bisa mulai mengatur waktu mati layar sesuai dengan keinginan anda.

Pada menu ini, anda juga bisa mengatur waktu sleep pada komputer jika ingin merubahnya.

Waktu yang anda atur, akan berpengaruh pada berapa menit layar akan mati jika tidak digunakan.

Begitu pula jika anda mengatur waktu pada sleep komputer, anda akan terhindar dari komputer mati saat sedang download file.

Sama halnya dengan pengaturan default pada komputer, Smartphone android atau iOS juga ada fitur waktu mati layar.

Berbeda dengan komputer yang memiliki settingan default beberapa menit, smartphone biasanya memiliki settingan default hanya 30 detik atau 1 menit.

Kebanyakan pengguna smartphone memang menerima dengan settingan default ini. Akan tetapi pada keadaan tertentu, anda bisa mengatur waktu mati layar smartphone sesuai keinginan anda.

Matinya layar ini tentu dimaksudkan untuk menghemat pemakaian baterai pada ponsel smartphone yang anda pakai. Karena pemakaian yang berlebihan juga mempengaruhi borosnya baterai yang digunakan.

Tapi di keadaan tertentu, anda tentu akan terganggu jika layar mati sendiri. Misalnya saja saat anda sedang membaca tanpa memegang smartphone yang digunakan, tentu saat waktu sleep sudah tercapai layar akan mati.

Hal itu akan sangat menggangu apabila anda sedang semangat membaca sesuatu.

Oleh karena itu, anda bisa merubah settingan waktu mati layar pada smartphone yang anda gunakan.

Mengatur Waktu Mati Layar di Smartphone

Untuk mengatur waktu mati layar pada smartphone anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

Anda bisa memilih, mulai dari 15 detik, 30 detik, 1 menit, 10 menit atau bahkan tidak ingin mematikan layar.

Catatan : Setiap smartphone tentu memiliki tampilan menu yang berbeda. Akan tetapi untuk cara setting hampir sama pada sebagian smartphone

Apabila anda tidak ingin mematikan layar meskipun tidak digunakan. Anda perlu memperhatikan, bahwa layar yang tetap menyala akan menyebabkan baterai anda cepat habis.

Tapi apabila anda ingin menghemat baterai, anda bisa mengatur waktu mati layar sesuai dengan keinginan anda. Atau bisa juga dengan mengatur kecerahan layar dari smartphone yang anda gunakan.

Anda bisa mengatur kecerahan layar pada smarphone dengan menggeser kebawah tampilan layar. Kemudian geser menu kecerahan layar yang ada.

Mulai dari sekarang, aturlah waktu mati layar pada smartphone atau komputer anda sesuai dengan kebutuhan.

Karena layar yang dibiarkan hidup terus menerus, juga akan berpengaruh terhadap borosnya Baterai atau Listrik yang anda gunakan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *