Berakal.com

√ 11 Aplikasi Pengolah Kata PC Terbaik 2020 & Kelebihannya

Posted on 132 views


Aplikasi pengolah kata atau word processing merupakan software yang dapat digunakan untuk menyusun dokumen, pemformatan dokumen, dan juga penyuntingan dokumen.

Umumnya, hasil dari software pengolah kata banyak dijumpai seperti pada surat lamaran kerja, artikel, proposal, naskah pidato, dan lain sebagainya.

Manfaat Aplikasi Pengolah Kata

Sebelum membahas aplikasinya, alangkah lebih baik untuk mengetahui manfaat atau fungsi dari software pengolah kata terlebih dahulu. Adapun beberapa manfaatnya yaitu:

  • Membuat sebuah dokumen
  • Menyunting dan melakukan pemformatan dokumen
  • Membuat cover
  • Mencetak dokumen
  • Mengarsipkan sebuah tulisan
  • Memberikan hiasan atau bingkai pada dokumen
  • Penulisan digital
  • Dan lainnya

Dari manfaatnya tersebut, dapat disimpulkan bahwa software pengolah kata memanglah sangat dibutuhkan, khususnya di zaman sekarang ini.

Maka dari itu, Magenet telah merangkum beberapa aplikasi pengolah kata terbaik yang dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan.

Rekomendasi Aplikasi Pengolah Kata

1. Microsoft Word

pengertian aplikasi pengolah kata

Micorosoft Word merupakan software yang sering digunakan untuk mengolah kata. Microsoft Word telah menambahkan database dan tool baru supaya pengguna lebih mudah untuk mengoperasikannya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini tersaji dalam satu paket Microsoft Office. Umumnya, yang sering digunakan yaitu Microsoft Word sendiri dan Microsoft Excel untuk mengolah angka.

2. Lotus Word Pro

manfaat aplikasi pengolah kata

Lotus Word Pro merupakan aplikasi yang dikeluarkan oleh IBM. Aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuannya dalam bertukar file dokumen dengan Microsoft Word.

Dalam artian, file dokumen yang dibuat pada Microsoft Word dapat dibuka dan di edit pada Lotus Word Pro, demikian sebaliknya.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur-fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan produktifitas.

3. Corel Word Perfect

fungsi aplikasi pengolah kata

Corel Word Perfect juga tidak mau kalah dengan software pengolah kata lainnya. Program yang terdapat pada aplikasi ini dapat dijalankan melalui sistem operasi Windows.

Namun, supaya dapat bekerja secara optimal, Corel Word Perfect membutuhkan hardware yang terbilang besar.

4. AbiWord

aplikasi pengolah kata terbaik

Aplikasi bernama AbiWord mendukung fitur pengolahan kata dasar. Kata dasar tersebut meliputi daftar, indentasi, dan format karakter.

Selain itu, AbiWord juga mengusung fitur yang terbilang canggih. Seperti template, tabel, gaya, kolom halaman, hingga pemeriksaan tata bahasa.

AbiWord sendiri menggunakan lisensi GPL. Dalam perkembangannya, aplikasi ini dikembangkan oleh komunitas open source.

Anda pun dimungkinkan untuk mendownload aplikasi secara gratis melalui website resmi www.abiword.org.

5. StarOffice Writer

program aplikasi pengolah kata

StarOffice Writer merupakan aplikasi multiplatform yang dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan Solaris.

StarOffice Writer sendiri terbilang mirip dengan aplikasi pengolah kata bernama Microsoft Word. Walaupun terbilang mirip, namun keduanya memiliki perbedaan yang terletak pada ekstensi file nya.

Untuk Microsoft Word, ekstensi file nya menggunakan .docx. Sedangkan StarOffice Writer menggunakan .odt sebagai ekstensi file.

6. OpenOffice Writer

aplikasi pengolah kata selain microsoft word

OpenOffice Writer juga memiliki kemiripan dengan aplikasi Microsoft Word. Yang membedakan dari keduanya yaitu pada perkembangannya, karena OpenOffice Writer hadir dengan lisensi GPL atau General Public Lisensi.

Keberadaan lisensi GPL itulah yang menjadikan OpenOffice Writer dapat diperoleh secara gratis. Nah, Anda pun dapat mendownload langsung melalui situs resmi di www.openoffice.org.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang terbilang lengkap dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, Solaris, dan Mac OS.

7. Atlantis Word Processor

atlantis word processor

Sepertinya, hampir semua software pengolah kata mengacu pada Microsoft Word. Aplikasi bernama Atlantis Word Processor ini juga terbilang mirip dengan Microsoft Word.

Selain mirip, software yang satu ini juga mendukung beberapa jenis file dengan format dokumen seperti .docx, .rtf, .cod, dan .txt.

8. Lyx

lyx

Aplikasi bernama Lyx ini menggunakan pendekatan berupa penulisan struktur dokumen.

Lyx menggabungkan kekuatan dan fleksibilitas dari teks guna memudahkan penggunanya dalam menggunakan grafis interface.

Pastinya, Lyx cocok digunakan untuk Anda yang sering menggunakan program grafis pengolahan kata.

9. Panacea R4U

panacea r4u

Selanjutnya, hadir aplikasi pengolah kata bernama Panacea R4U. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa dalam mengoperasikannya.

Aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur unik seperti built-in. Selain itu, masih terdapat banyak sekali fitur lainnya yang terbilang sederhana.

Daripada penasaran, segera gunakan Panacea R4U untuk keperluan dalam mengolah kata.

10. WPS Writer

wps writer

WPS Writer merupakan software yang dapat Anda gunakan untuk mengolah kata. WPS Writer sendiri terbilang mirip dengan Microsoft Word.

Aplikasi ini juga dapat melakukan perintah-perintah yang sama pada Microsoft Word. Maka tidak heran, aplikasi ini digadang sebagai rival dari Microsoft word.

11. Notepad

notepad

Terakhir, hadir aplikasi bernama Notepad. Aplikasi ini merupakan bawaan Windows dan telah terinstall secara otomatis.

Notepad sendiri merupakan editor teks yang terbilang sederhana. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan pembuatan program serta menuliskan kode-kode program.

Itulah beberapa contoh aplikasi pengolah kata terbaik versi Magenet. Tinggal gunakan aplikasi yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *