Berakal.com

√ 10 Aplikasi Recovery Data Terbaik untuk PC 2020

Posted on 158 views


Terhapusnya data tanpa disengaja menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan orang. Dalam kasus tersebut, tentu dibutuhkan sebuah aplikasi recovery data.

Software recovery data sendiri berguna untuk mengembalikan data yang terhapus akibat keteledoran si pemilik data atau karena faktor lainnya.

Di sini, Magenet telah merangkum beberapa aplikasi recovery data terbaik yang terbukti ampuh dalam mengembalikan data yang telah terhapus.

Aplikasi Recovery Data Terbaik

1. Recuva

software recovery data terbaik full version

Recuva digadang menjadi salah satu software recovery data terbaik. Software ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan file dari hard drive, DVD, CD, memory card, dan juga drive eksternal.

Selain itu, software ini juga diklaim dapat mengembalikan file dari disk yang rusak, walaupun tidak seutuhnya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengembalikan hampir semua file yang terhapus dari sistem, jangan ragu untuk menggunakan software bernama Recuva.

Selain dari versi gratisnya, software ini juga menyajikan versi berbayar untuk tawaran fitur yang lebih lengkap.

2. TestDisk

download software recovery data full version gratis

Selanjutnya, hadir software bernama TestDisk yang tak kalah handal dari software sebelumnya.

TestDisk merupakan sebuah software open source yang dibuat dengan tujuan untuk mengembalikan partisi yang hilang dan memperbaiki disk non-booting.

Software ini juga dapat digunakan saat Anda memiliki masalah pada hard disk. Seperti partisi yang tiba-tiba menghilang “unallocated partition” atau RAW partition di Disk Management Windows.

Ditambah, TestDisk mendukung multi-platform yang dapat digunakan pada berbagai OS.

3. Wise Data Recovery

wise data recovery

Wise Data Recovery merupakan sebuah software gratis yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan data, baik yang terhapus maupun terformat.

Dengan menggunakan aplikasi ini, besar kemungkinan data yang telah terhapus dapat Anda selamatkan, walaupun tidak sepenuhnya berhasil.

Selain itu, Wise Data Recovery juga memiliki fitur yang menerangkan akan kondisi file yang berhasil di recovery. Mulai dari “Good”, “Poor”, “Very Poor”, dan “Lost”.

Sebagai contoh, file yang kemungkinan besar dapat di recovery akan menampilkan keterangan “Good”.

4. EaseUS Data Recovery Wizard Free

easeus data recovery wizard

EaseUS dikenal sebagai salah satu pengembang yang memberikan banyak software hebat, salah satunya adalah EaseUS Data Recovery Wizard Free.

Software pemulih data yang dapat digunakan secara gratis ini terbilang hebat untuk segala situasi. Intinya, Anda dapat memulihkan file yang hilang akibat kesalahan format, crash OS, serangan virus, maupun kerugian partisi.

Selain versi gratis, software ini juga menyediakan versi premium yang berbayar untuk fitur yang jauh lebih lengkap.

5. Stellar Data Recovery

aplikasi recovery data memory card

Berikutnya, hadir aplikasi recovery data bernama Stellar. Stellar Data Recovery dapat melakukan pekerjaannya dengan baik dalam memulihkan data yang terdapat pada PC atau laptop Anda. Baik pada OS Windows maupun Mac.

Nah, apabila Anda berniat untuk mengembalikan data yang terhapus, jangan ragu untuk menggunakan Stellar Data Recovery.

6. PhotoRec

software recovery paling handal

Secara luas, PhotoRec telah diakui kehebatannya dalam me-recovery data. Program ini memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis berkas, seperti multimedia, dokumen, dan masih banyak lagi dari hard disk, flashdisk, memory card, CD-ROM, dan lainnya.

Namun, aplikasi ini tidak direkomendasikan kepada pemula, karena sama sekali tidak memiliki GUI. Software ini menggunakan tampilan “command line” yang sedikit menakutkan bagi para pemula.

7. Undelete 360

Undelete 360

Undelete 360 juga menjadi salah satu yang terbaik dalam mengembalikan file yang terhapus, baik itu disengaja maupun tidak. Software ini dapat memulihkan file dari hard drive komputer, USB, memori stick, smarthphone, pen drive, dan lainnya.

Selain itu, Undelete 360 juga memungkinkan Anda untuk melihat file yang ditemukan berdasarkan kategorinya. Seperti application, bitmap, PDF, graphic, dan lainnya.

Ditambah, Anda juga dapat menggunakan fungsi pencarian, file preview, melihat properti file, software log, dan kode HEX.

8. Pandora Recovery

Pandora

Aplikasi recovery data selanjutnya yaitu bernama Pandora. Pandora Recovery sendiri merupakan sebuah software gratis yang paling handal dan terbukti efektif. Aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur yang ditawarkan.

Pandora Recovery merupakan aplikasi portable, yang mana tidak akan menghabiskan ruang pada hard disk. Sayangnya, sistem pendeteksian dari aplikasi ini belum begitu baik dan masih perlu ditingkatkan lagi.

9. PC Inspector File Recovery

pc inspector file

PC Inspector File dapat bekerja dengan pada drive FAT dan NTFS, bahkan jika sektor boot telah terhapus maupun rusak.

Walaupun demikian, tampilan antarmuka ini terbilang sedikit membingungkan dan terkesan berantakan. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Selain itu, supaya aplikasi ini dapat bekerja, Anda diharuskan untuk menjalankan aplikasi sebagai Administrator “Run as Administrator”.

10. Glary Undelete

glary undelete

Terakhir, Magenet merekomendasikan aplikasi bernama Glary Undelete untuk mengembalikan data Anda yang terhapus.

Glary Undelete sendiri menjadi salah satu yang terbaik berkat penggunaannya yang mudah dan memiliki tampilan yang menarik.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini ialah memiliki tampilan folder layaknya Windows Explorer dan memiliki keterangan mengenai file yang dapat di-recovery.

Ya, itulah beberapa deretan aplikasi recovery data terbaik yang Magenet rekomendasikan. Kini, Anda tinggal mendownload software recovery data paling handal yang menurut Anda nyaman untuk digunakan.

Rate/Vote ?
[Total: 0 Average: 0]
Loading...
Gravatar Image
Seorang pecinta teknologi yang suka membagi ilmu ilmu yang bermanfaat untuk memecahkan masalah orang orang yang berada dalam dunia teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *